INTEGRASI PENDIDIKAN DENGAN PENUNTUT ILMU DALAM PERSPEKTIF HADIS
DOI:
https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i1.1696Keywords:
Integrasi Pendidikan, ilmu hadis, perspektif hadisAbstract
Menuntut ilmu merupakan kewajiban seorang muslim guna mencerdaskan kehidupan dan mengamalkannya. Ilmu pada dasarnya sebagai kebutuhan umat manusia untuk mempelajari setiap pengetahuan yang ada dimuka bumi ini, baik yang sifatnya formal maupun non formal. Dalam perspektif ilmu Hadits nabi Muhammad bersabda “ menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki atau perempuan”. Pendidikan Islam baik sebagai teori atau konsep maupun sebagai aktifitas atau praktek yang bergerak dalam rangka pembinaan kepribadian yang utuh dan paripurna memerlukan suatu dasar yang kokoh. Dasar yang kokoh dari suatu pendidikan adalah memberikan arah pada tujuan yang akan dicapai, jadi yang maksud dasar dalam suatu pendidikan adalah pandangan hidup yang melandasi seluruh aktivitas pendidikan, karena dasar menyangkut masalah ideal dan fundamental, maka diperlukan landasan pandangan hidup yang kokoh dan komprehensif, serta tidak mudah berubah, karena diyakini memiliki yang telah teruji oleh sejarah.
Downloads
References
Angelia, Yeni, and In’amul Hasan. “Merantau Dalam Menuntut Ilmu (Studi Living Hadis Oleh Masyarakat Minangkabau),.” Jurnal Living Hadis, Vol. 2, no. 1, (May 2017).
Arifin, Bambang Syamsul. Psikologi Agama, Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Asrohah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam,. Cet-1. Jakarta: Logos, 1999.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Melenium III,Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2012.
Bastaman, Hanna. Integrasi Psikologi dengan Islam, Menuju Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.
Bagir, Zainal Abidin. Integrasi Ilmu Dan Agama (Interpretasi Dan Aksi),. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2005.
Farida, Susan Noor. “Hadis-Hadis Tentang Pendidikan (Suatu Telaah Tentang Pentingnya Pendidikan Anak),.” Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, Vol. 1, no. 1, (September 2016).
Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Thusi Imam. Ihya ‘Ulumuddin, Jilid I,. Bairut: Darul Kutub al-Ilmiyah, n.d.
Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam,Jakarta: Pustaka Al Husna, 1993
Lubis, Zulfahmi. “Kewajiban Belajar,.” Ihyaul Arabiyah, Vol. 6, no. 2, (December 2016).
Majah, Ibnu. Sunan Ibnu Majah, Jilid 1,. Kairo: Darul I’hya’ al-Turats, n.d.
Mulyono. “KEDUDUKAN ILMU DAN BELAJAR DALAM ISLAM.” Tadrîs Vol. 4, no. 2 (2009).
Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004.
Muzakki, Ahmad. Gus Dur: Pembaharu Pendidikan Humanis Islam Indonesia Abad 21,. Yogyakarta: Idea Press, 2013.
Nata, Abudin. Integrasi Ilmu Agama Dan Ilmu Umum,. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005.
———. Pendidikan Dalam Perspektif Al Qur’an,. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.
Noer, M. Fadholi. “MENUNTUT ILMU SEBAGAI TRANSFORMASI PERUBAHAN PARADIGMA (Studi Matan Hadis Nabi SAW Dalam Sunan al-
Tarmidzi, Kitab al-Ilm an Rasulullah, Bab Fadhl Thallab al-Ilm. No. Hadis 2572),.” JURNAL QATHRUNÂ, Vol. 1, no. 1, (June 2014).
Partanto, Pius A., and Dahlan Al-Barry. Kamus Ilmiah Populer,. Surabaya: ARKOLA, 2001.
Ramly, Nadjamudin. Membangun Pendidikan Yang Memberdayakan Dan Mencerdaskan,. Jakarta: Grafindo, 2005.
Sarifandi, Suja’i. “Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Hadis Nabi,.” Jurnal Ushuluddin, Vol. XXI, no. 1, (January 2014).
Siddik, Hasbi. “Pendidikan Dalam Perspektif Hadis,.” Al-Riwayah Vol. 10, no. 2, (September 2018).
Suriadi. “Pendidikan Islam Masa Rasulullah SAW,.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, no. 02, (2017)
Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.
Yasin, A Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam,Malang: UIN Malang Press, 2008