MEMBACA PELUANG DAN TANTANGAN PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL

Authors

  • Nur Khalis UIN Raden Fatah Pelembang
  • akhiruddin Akhiruddin Universitas Saburai Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i1.1695

Keywords:

paradigma pendidikan Islam, era millenial, millenial effect

Abstract

Tulisan ini berupaya mendeskripsikan paradigma baru pendidikan Islam di era millenial. Bagi dunia pendidikan Islam, era global dan millenial menyimpan banyak pekerjaan, peluang dan tantangan yang harus diselesaikan dan dijawab. Salah satu diantaranya adalah generasi muda Islam telah banyak yang terpapar millenial effect, sehingga berdampak pada sikap dan perilaku yang muncul. Kecenderungan dan ketergantungan pada teknologi dan komunikasi menjadi fenomena yang paling sering terlihat. Generasi muda Islam mulai banyak yang menghabiskan waktunya di depan telpon genggamnya. Silaturrahmi, tatap muka dan berdiksusi menjadi hal yang jarang terlihat. Munculnya era millenial ini, idealnya segara direspon cepat oleh dunia pendidikan Islam. Hakikat dan tujuan dari pendidikan Islam sangatlah jelas, yakni menciptakan insan kamil. Butuh kiat dan strategi tersendiri dalam mewujudkan tujuan pendidikan Islam di tengah-tengah pergumulan era millenial. Oleh sebab itu, pendidikan Islam harus berani merekonstruksi atau mereformulasi paradigma pendidikannya, sehingga mampu tampil dan bersaing di tengah gelombang millenial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Barni, Mahyuddin. “Tantangan Pendidik Di Era Millennial.” Jurnal Transformatif, Vol. 3, No. 1, (April 2019).

Djazaman, Mohammad. “Konsep Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 1, (2009).

Djohar. “Soal Reformasi Pendidikan Omong Kosong,Tanpa Mengubah UU No. 2/89,.” Kedaulatan Rakyat. May 4, 1999.

Habibi, Muhammad. “Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial,.” Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, Vol. 12, No. 1, (2018).

Haidar Putra Daulay. Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia,. Jakarta: Kencana, 2004.

Handayani, Titik, and Lailatis Saadah. “Islamic Schools as A Means of Millenial Generation’s Education.” Tadris, Vol. 14, No. 1 (June 2019).

Hidayat, Andi. “Metode Pendidikan Islam Untuk Generasi Millennial.” FENOMENA 10, No. 1 (June 1, 2018): 55–76. https://doi.org/ 10.21093/fj.v10i1.1184.

Jalal, Fasli. Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah,. Yogyakarta: Adicita., 2001.

Mastuhu. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam: Strategi Budaya Menuju Masyarakat Akademik,. Jakarta: Logos, 1999.

Muhaimin. Pemikiran Dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Nata, Abuddin. “PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILENIAL.” Conciencia 18, No. 1 (July 1, 2018): 10–28. https://doi.org/10.19109/conc iencia.v18i1.2436.

Priatmoko, Sigit. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol.1, No. 2 (July 2018).

Putra, Yanuar Surya. “Teori Perbedaan Generasi,.” Jurnal Stiema, 2017.

Rembangy, Musthofa. Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan Di Tengah Pusaran Arus Globalisasi,. Yogyakarta: Teras, 2010.

Sanaky, Hujair AH. “Studi Pemikiran Pendidikan Islam Modern,.” Jurnal Pendidikan Islam, Konsep Dan Implementasi Vol. V, No. IV (August 1999).

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam,. Cet. 10. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Tilaar, H.A.R. Pendidikan, Kebudayaan Dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Nasional,. Bandung: Rosdakarya, 1999.

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan,. Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000.

Downloads

Published

2019-11-22