MEMBACA PELUANG DAN TANTANGAN PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL

Authors

  • Nur Khalis UIN Raden Fatah Pelembang
  • akhiruddin Akhiruddin Universitas Saburai Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i1.1695

Keywords:

paradigma pendidikan Islam, era millenial, millenial effect

Abstract

Tulisan ini berupaya mendeskripsikan paradigma baru pendidikan Islam di era millenial. Bagi dunia pendidikan Islam, era global dan millenial menyimpan banyak pekerjaan, peluang dan tantangan yang harus diselesaikan dan dijawab. Salah satu diantaranya adalah generasi muda Islam telah banyak yang terpapar millenial effect, sehingga berdampak pada sikap dan perilaku yang muncul. Kecenderungan dan ketergantungan pada teknologi dan komunikasi menjadi fenomena yang paling sering terlihat. Generasi muda Islam mulai banyak yang menghabiskan waktunya di depan telpon genggamnya. Silaturrahmi, tatap muka dan berdiksusi menjadi hal yang jarang terlihat. Munculnya era millenial ini, idealnya segara direspon cepat oleh dunia pendidikan Islam. Hakikat dan tujuan dari pendidikan Islam sangatlah jelas, yakni menciptakan insan kamil. Butuh kiat dan strategi tersendiri dalam mewujudkan tujuan pendidikan Islam di tengah-tengah pergumulan era millenial. Oleh sebab itu, pendidikan Islam harus berani merekonstruksi atau mereformulasi paradigma pendidikannya, sehingga mampu tampil dan bersaing di tengah gelombang millenial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-22