ISLAMIC SCHOOL DEVELOPMENT PLAN USING BALANCED SCORECARD MODEL

Authors

  • Rohmatulloh Rohmatulloh Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Neneng Nafisah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Agus Sopwan Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung
  • A. Muslim Hadi Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i1.1448

Keywords:

Rencana pengembangan sekolah, balanced scorecard, sekolah Islam

Abstract

Rencana pengembangan sekolah merupakan dokumen perencanaan strategis untuk membimbing sekolah dalam menciptakan nilai organisasi. Rumusan strategi diterjemahkan dari visi dan misi sekolah, terdiri dari tujuan dan sasaran strategis, indikator kinerja, dan program inisiatif. Rumusan strategi ini tidak bersifat mandiri, tetapi saling memiliki keterkaitan sebab akibat. Dalam model Balanced Scorecard, seluruh strategi diseimbangkan dan dikaitkan dengan hubungannya untuk saling mendukung antara startegi jangka pendek dengan janga panjang, strategi pendorong dengan strategi hasil. Penerapan BSC pada sekolah Islam dalam rangka untuk mencapai tujuan strategis seperti peserta didik yang berakhlakul karimah, dan unggul dalam berprestasi. Nilai strategis ini didorong oleh beberapa sasaran strategis yang mewakili setiap perspektif dan dimodelkan ke dalam peta strategi yang mudah dipahami oleh para pemangku kepentingan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-27