PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTROVERSIAL ISSUES (CI) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG RESPONSIF GENDER
DOI:
https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v2i02.1402Keywords:
Controversial Issues (CI), Model, Social Skills, Student Learning OutcomesAbstract
The purpose of this study was to determine the improvement of social skills and gender responsive students after the implementation of the Controversial Issues (CI) model in social studies learning while at the same time looking at student learning outcomes. The method of this research is the quasi-experimental method using the nonequivalent groups pretest-posttest design. The population is the fourth grade students of SD Negeri 8 Metro Timur with samples of classes IV A and IV B. Data collection techniques are in the form of tests and sets of students' social skills. The results of this study indicate that the Controversial Issues (CI) model in social studies learning can improve social skills and gender-responsive student learning outcomes.
Downloads
References
Creswell, JW. Research Design, pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Enok, Maryani., Pengembangan program pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan Sosial, Bandung: Alfabeta, 2011.
Etin, Solihatin., Strategi Pembelajaran PPKN, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Faqih, Warid Fadillah, dkk. Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Pembelajaran Isu Kontroversial, 2014 http://repository.unej. ac.id/handle/123456789/64184. Diakses 27 Oktober 2018
Indrastoeti, Jenny, dan Hasan Mahfud., “Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Experiental Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial”, Mimbar Sekolah Dasar, Vol 2(2) 2015. http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/ article/view/1325
Indrawati, Henny., “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Implementasi Model Controversial Issues Pada Mata Kuliah Ekonomi Sumberdaya Manusia Dan Alam”, PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis),Vol 4, No 01 (2011).https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/view/430
Komalasari, Pembelajaran Kontekstual:Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT. Refika Aditama, 2013.
Mars, C. Studies of Society and Environment, 5th Australia: Pearson Education, 2008.
Merrel, K. W., & Gimpel, G. A. Social Skills of Children and Adolescent: Conceptualization, Assessment, Treatment. London: Inc., 2008.
Mulyati, Cici. Pembelajaran PKnDengan Menerapkan Pendekatan Kontekstual (CTL) Melalui Model Pembelajaran Controversial Issues Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi Sarjana pada FPIPS UPIBandung: Tidak Diterbitkan. 2012.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Ruseffendi. E.T., Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non Eksakta Lainnya, Semarang: IKIP Press, 2006.
Rusmono, Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Setyaningsih, Andri Nina, “Penggunaan Media Mistar Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 2, No 2, 2014. http://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/ index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10584
Sonia, GinaMJ, dkk. “Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasaruntuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SDN Dawuan Timur II”, Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan ke-SD-an, Vol 13, No 1 (2017), http://ejournal.upi.edu/index.php/ MetodikDidaktik/article/view/7690
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2008.
Suryanto dkk., “Analisis Sintakmatik Permainan Simulasi Berlatar Isu-Isu Kontroversial Untuk Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Informasi Pada Siswa SMA”, Efektor, Vol 5 No 1 Tahun 2018, dalam http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/ efektor-e/article/view/11946
Winursiti, Ni Made, dkk. “Pembelajaran Kontekstual Berbasis Controversial Issues Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus II Mengwi Kabupaten Badung”, MIMBAR PGSD Vol 2, No 1, 2014 http://id.portalgaruda.org/ index. php?ref=browse&mod=viewarticle&article=303878
Mohammad Yasir Alimi. Jenis Kelamin Tuhan Lintas Batas Tafsir Agama, Yogyakarta: Yayasan Kajian dan Layanan Informasi untuk Kedaulatan Rakyat, 2000.
Siti Musda Mulia, Islam dan Inspirasi Kesetaraan Gender, Jakarta: Kibar Press, 2007.
Yunahar Ilyas, Kesetaraan Gender dalam Islam Studi Pemikiran Para Mufassir, Yogyakarta: Labda Press, 2006.