Mendesain Pengelolaan Kelas di Perguruan Tinggi : Studi Kasus di IAI Darussalam Martapura Kalimantan Selatan

Authors

  • Nurul Aini IAI Darussalam Martapura, Indonesia
  • M. Miftah Arief IAI Darussalam Martapura, Indonesia
  • M. Kholis Amrullah

DOI:

https://doi.org/10.32332/riayah.v7i2.5405

Keywords:

Class Design, Class Management, College

Abstract

Lecturers who have just taught in college classes will usually adapt first to class. Moreover, lecturers who have just finished their studies at the Masters level. At IAI Darussalam Martapura there are many young lecturers who have just joined and started learning. So that this situation can be used as the subject and object of research. This study uses a qualitative descriptive analysis with data collection through interviews and observations made incidentally. One of the results of this study is that the involvement of lecturers both intellectually and emotionally is a very prominent factor in creating a conducive learning environment in the classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, M. K., & Islamy, M. I. (2020). Perencanaan penelitian : perjalanan sistematis penemuan teori (Ani Cahyadi (ed.)). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Arief, M. M. (2020). Pendidikan Pengembangan Diri Melalui Pembiasaan: Optimalisasi Pendidikan Pembiasaan & Psikologi Perkembangan. Literasi Nusantara.
Asri, Y. N. (2018). HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA PADA KINERJA DOSEN TERHADAP TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 2(2), 129–136. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.394
Astuti, C. C. (2017). Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1. https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1185
Damayanti, G., Andarwulan, T., & Aswadi, A. (2019). MEKANISME EUFEMISME DAN SENSORISASI: KEKERASAN SIMBOLIK DALAM TUTURAN DOSEN. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2), 223. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i2.9101
Fachri, M., Mubarak, A. F., & Subairi, S. (2021). MANAJEMEN KEMAHASISWAAN DALAM MENCIPTAKAN PERGURUAN TINGGI UNGGUL. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 3(1), 96–106. https://doi.org/10.52627/ijeam.v3i1.118
Firmansyah, M. H. (2021). PENDEKATAN HUMANISTIK PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 LUMAJANG. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 7(2), 59–67. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v7i2.628
Gunawan, I. M. S. (2020). Meningkatkan Kejujuran Akademik Mahasiswa Melalui Konseling Kelompok Values Clarification. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 48. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2313
Harto, K. (2018). TANTANGAN DOSEN PTKI DI ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159
Idris, I. (2020). KAJIAN KEBIJAKAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DAN DOSEN DI INDONESIA. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 41–52. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.57
Khusnul, N. R. I., & Suharyadi, A. (2021). Strategi Dosen Dalam Manajemen E-Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 34–48. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p34-48
Kusnan, K. (2018). Kebijakan Mutu Peningkatan Dosen. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2). https://doi.org/10.30984/jii.v11i2.585
Leavy, P. (2017). Research design: Quantitative, qualitative, mixed methods, arts-based, and community-based participatory research approaches.
Maslukiyah, N., & Rumondor, P. (2020). Implementasi Konsep Belajar Humanistik pada Siswa dengan Tahap Operasional Formal di SMK Miftahul Khair. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 25(1), 97–110. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss1.art8
Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378–390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145
Nugraha, M. (2018). MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Pattynama, P. C., Sahrani, R., & Heng, P. H. (2019). PERAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN KETERLIBATAN AKADEMIK TERHADAP INTENSI MENGUNDURKAN DIRI DENGAN RESILIENSI SEBAGAI MEDIATOR. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(2), 307. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.5629
Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.380
Saptaria, L., & Setyawan, W. H. (2021). DESAIN PEMBELAJARAN TECHNOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNISKA KEDIRI. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 77–89. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.880
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 122. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8113
Seri Hartati, Amir Syamsuadi, & Luluk Elvitaria. (2021). Keterlibatan Mahasiswa dan Akademisi dalam Pengabdian Masyarakat Menghadapi Pandemi Covid-19. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 474–480. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5307
Sultoni, S., Gunawan, I., & Pratiwi, F. D. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar Mahasiswa antara Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pelatihan Motivasional. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 115–119. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p115
Widiantoro, D., Nugroho, S., & Arief, Y. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Dosen Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.649

Published

2022-12-04