PENDIDIKAN ANTI BULLYING STUDI NALAR HADIS PENDEKATAN PSIKOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.32332/riayah.v7i2.5197Keywords:
Kata Kunci: Pendidikan, Bullying, Nalar Hadis, Pendekatan PsikologiAbstract
Abstrak
Perilaku bullying tidak patut dianggap remeh karena perilaku ini dapat menimbulkan dampak yang serius seperti terganggunya kesehatan mental, depresi, cacat tubuh bahkan sampai hilangnya nyawa seseorang karena pembunuhan maupun bunuh diri. Agama Islam sangat melarang perilaku bullying karena merupakan akhlak tercela. Larangan-larangan ini selain disampaikan dalam Al-Qur’an, juga dalam Hadis-Hadis Rasulullah SAW, dimana keduanya merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Selain itu bullying juga berdampak pada kondisi psikis siswa. Penelitian ini menganalisis secara mendalam mengenai pendidikan anti-bullying perspektif Hadis dan psikologis, terfokus pada gambaran umum perilaku bullying, dampak secara psikologis, dan hukum bullying dalam perspektif Hadis. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, peneliti melakukan penelitian berdasarkan pada isi bahasan dalam subjek penelitian dan memberikan peluang maksimal dalam upaya menganalisis beberapa literatur yang secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan judul penelitian dengan nuansa kritis dari sisi konseptual. Penelitian ini sepenuhnya menggunakan desain penelitian pustaka (library research). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hadis Rasulullah SAW. hadir memberikan solusi terhadap permasalahan bullying tersebut. Dilihat dengan kacamata psikologi, hadis-hadis Rasulullah SAW. tidak merestui tindak perilaku bullying. Tidak hanya itu, hadis juga mengajarkan nilai-nilai anti bullying yang dapat ditumbuhkan dalam dunia pendidikan. Nilai-nilai anti bullying perspektif hadis tersebut yakni: nilai husnuzan, nilai silaturahmi, nilai anti tajassus, dan nilai persaudaraan.
Downloads
References
Ahmad, E. H. (2019). Cognitive-Behavioral Therapy Untuk Menangani Kemarahan Pelaku Bullying Di Sekolah. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i1.860
Al-Asqalani, I. H. (2011). Fatḥul Bârî, Peneliti, Syaikh Abdul Aziz Abdullah bin Baz, terj. Amiruddin, Penjelasan Kitab Shahih Al Bukhari. Pustaka Azzam.
Ayubi, S. Al. (2021). Pendidikan Akhlak Dan Husnudzan Dengan Forgiveness (Issue 1).
Dey Putri, L. A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 715. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438
Lestari, T. yuniwati. (2021). Pilihan Terapi Psikis untuk Anak Korban Bullying. Klik Dokter. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3647390/pilihan-terapi-psikis-untuk-anak-korban-bullying
Maisah, S. (2020). Bullying dalam Prespektif Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 147–163. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6317
Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 67–82. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466
Prasetyo, ahmad baliyo eko. (2011). Bullying disekolah dan dampak bagi masa depan anak. Journal Pendidikan Islam, 4(1), 19–26.
Rahmah, M. (2021). Pendahuluan Manusia pada hakikatnya akan selalu menghadapi masalah dalam menjalani kehidupannya . Mulai dari kehidupan sehari-hari bersama keluarga , sesama teman , maupun masyarakat sekitar . Max Scheller menggambarkan manusia sebagai das Kranke Tier ( h. 7170.
Sugiariyanti. (2009). Perilaku Bullying Pada Anak Dan Remaja. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 1(2), 101–108.
Syahrun, S. dan. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cipta Pustaka.
Ufairah, N. (2017). Bullying Pada Anak Usia Dini. Motoric Media of Teaching-Oriented and Children, 1(1), 59. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/issue/view/59
ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352