Dampak Eksploitasi SDA Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dalam Pandangan Etika Bisnis Islam

(Studi Kasus Tambang Galian C Di Kecamatan Pasir Sakti. Lampung Timur)

Authors

  • Anas Malik

Keywords:

English

Abstract

Lampung Timur merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Lampung yang mempunyai potensi Sumber Daya Alam yang sangat besar terutama bahan tambang mineral bukan batu dan logam. Yaitu berupa potensi pasir kuarsa (galian C) yang terdapat di Kecamatan Pasir Sakti sebesar 100.000.0000 M³, Kegiatan eksploitasi merupakan kegiatan utama industri tambang, yaitu kegiatan menggali, mengambil, atau menambang bahan galian yang telah jadi sasaran atau rencana sebelumnya. Islam melarang kegiatan eksploitasi secara besar-besaran yang tidak memperhatikan etika akan berakibat rusaknya lingkungan yang ada di sekitar pertambangan dan akan berdampak juga terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan. Dengan melimpahnya sumber daya alam yang dimiliki Kecamatan Pasir Sakti, tidak berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, peran etika bisnis Islam berperan penting dalam menjaga lingkungan dari aktivitas pertambangan yang merusak lingkungan.

References

Barlowe. Raleigh, Land Resource Economics. Prentice Hall,Inc, Englewood cliift, N.J.1972
Charles W, Howe,“Natural Resource Economics”, (New York: John Wiley & Sons, 1979)
David W Paercee dan Jeremy J.Warford World Without End, Economic, Environment, and Sustainable Development, (Oxford University Press,1993)
Fauroni, R. Lukman, Muhammad, Visi Al Qur’an Tentang Etika dan Bisnis, (Jakarta: Salemba Diniyah, 2002)
Fauzi, Akhmad, Ekonomi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, (Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2006)
G.Velasgues, David W, Business Ethics: Concept and Cases. Ed 5.(Prentice –Hall. 2002)
Harian Lampung Pos. Mafia Pasir Ancam Lampung Timur Tenggelam. 16 Februari 2016
Hermawan Kertajaya, Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Bandung: Mizan, 2006
http://www.lampost.co/berita/distamben-Lampung-catat-ada-114-penambang-ilegal-di-Lampung-timur. di akses pada tanggal 20 Juli 2016
M. Amir Sholihin dan Rija Sudirja. “Pengelolaan Sumber Daya Alam Secara Terpadu Untuk Memperkuat Perekonomian Lokal,” Dalam Jurnal Soilrens, (Vol.8. No.5. Juli.2007)
M.Suparmoko dan Maria Ratnaningsih,Ekonomika lingkungan. (Yogyakarta:BPFE, 2012)
Muslich, Etika Bisnis Islami Landasan Filosofis, Normatif dan Substansi Implementatif, (Yogyakarta: Ekonisia,2004)
Nawatmi, Sri, “ Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam”, Dalam Jurnal Fokus Ekonomi, Universitas Stikubank, (Vol.9.No.1. april.2010)
Nurkin, Baharudin,Otonomi Daerah dan Pengelolaan Sumber Daya Alam: Kasus Pengelolaan Hutan Di Sulawesi Selatan, Dalam Jurnal Parennial, (Vol.2.No.1.2008)
Sajogyo, T. Garis Kemiskinan dan Kebutuhan Minimum Pangan. LPSB- IPB. Bogor.1997)
Saleng, Abrar,Hukum Pertambangan, (Yogyakarta: UII Pres, 2004)
Shirley Walter, Allen, “ Conserving Natural Resources, Principles and Practice in a Demogracy”, (New York: Mc Graw-Hill Book Company, Inc.1959)
Sunarti, Euis, Indikator Keluarga Sejahtera: Sejarah Pengembangan, Evaluasi, dan Berkelanjutan.(IPB: Fakultas Ekologi Manusia,2006)
R Ernawan, Erni. Business Ethics, (Penerbit Alfabeta, Bandung.2007)

Downloads

Published

2017-12-26