Implementasi Pendekatan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Pendidikan selalu berkaitan dengan teori-teori pembelajaran yang menjadi landasan berpikir pendidik untuk mengimplementasikan berbagai konsep pendidikan. Begitu juga dalam pendidikan anak usia dini, perlu dipahami adanya berbagai macam pendekatan yang dapat dijadikan landasan berpikir para pendidik dalam menyelenggarakan program pembelajaran yang appropriate dengan tahap perkembangan anak. Penyelenggaraan pembelajaran tersebut dapat dikaji dari berbagai aspek seperti pendekatan psikoanalisis, behaviorisme, humanisme, dan konstruktivisme. Keempat pendekatan tersebut perlu dipahami, mengingat subjek kajiannya ialah anak usia dini yang semua aspek perkembangannya perlu diperhatikan secara seksama. Seluruh potensi anak usia dini dari aspek perkembangan moral agama, fisik motorik, sosial emosional, kognitif, dan bahasa akan berkembang dengan sangat optimal apabila para pendidik memahami pendekatan pendidikan yang mampu mengakomodasi seluruh kebutuhan anak usia dini tersebut.
Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran, Appropriate, Psikoanalisis, Behaviorisme, Humanisme, Konstruktivisme, Aspek Perkembangan, Pendidikan Anak Usia Dini
Downloads
References
http://ilhamkons.wordpress.com/2012/03/07/pendekatan-psikoanalisis-oleh-sigmund-freud/
Jacobsen, David A. Methods for Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Jamaris, Martini. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas Murni, 2010.
Nurani, Yuliani. Belajar dan Pembelajar. Jakarta: UNJ, 2004.
Rosalin, Elin. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada, 2008.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2007.
Slavin, Robert E. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks, 2011.
Suparno, Paul. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius, 1997