Peran Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam dalam Pembagunan Peradaban Islami

Authors

  • M Ihsan Dacholfany

Abstract

Lembaga pendidikan tinggi membutuhkan pengelolaan baik. Hal ini perlu dilakukan agar sistem pendidikan berlangsung secara efektif dan efesien dalam mencapai tujuan institusionalnya maka  Perguruan tinggi Islam harus dapat dikelola dengan baik  dan mampu   menentukan kebijakan untuk  memberikan dampak kemajuan dan perkembangan kampus ke depan serta  diharapkan dapat menyelesaikan berbagai  permasalahan dan tantangan sehingga apa yang dicita-citakan dapat  tercapai dan maksimal, serta mampu memotivasi tim atau bawahan dalam menyakinkan orang lain untuk melakukan rencana bersama dalam mengaktualisasikan  apa  yang diharapkan berdasarkan visi, misi dan tujuan yang akan dicapai di dalam Tri darma Perguruan tinggi Islam, tentunya  semua itu tidak terlepas dari peran dan eksistensi pimpinan dan manajemen perguruan tinggi Islam dalam mempertahankan yang telah baik dan mengambil serta memperbaiki apa yang  kurang sesuai  dengan  melakukan  inovasi kerjasama dengan lembaga lain  dalam mengelola lingkungan lembaga pendidikan untuk  membangun peradaban Islam, baik  dari dalam kampus maupun luar kampus bahkan luar negeri sekalipun.

References

Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta : PT Grafindo Persada, 2011
BKS-PTIS, Kompetensi PTIS dalam PJPT kedua, Yogyakarta: Tiara wacana, 1993
Dardjowidjojo Soenjono, Pedoman Pendidikan Tinggi. Jakarta:Gramedia Widiasarana, 2010
Daulay Haidar Putra, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media, 2007.
Didin, Manajemen Syari'ah dalam Praktik, Jakarta, 2003.
Hamid Fahmy Zarkasyi, Tragedi Adopsi Peradaban Barat, Makalah Majalah
ISLAMIA, Jakarta, tanggal 31 Juli 2004.
Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta , 2006.
Kartajaya, Syari'ah Marketing, Bandung: Mizan, 200
Mehdi, Soltanzadeh, “Factor Affecting a Siciety’s Life Span, According to Ibn Khaldun”, a paper disampaikan pada International Conference:Ibn Khaldun’s Legacy and Its Contemporary Significance, 20th-22th November, 2006, ITAC-IIUM, Kuala Lumpur
Muhamad ‘Ali al-Sabuni, Safwah al-Tafasir, Juz 3, (Beirut: Dar al-Fikr, tth.), p. 554; Hamka, Tafsir al-Azhar, Jil. 10, (Singapura: Pustaka Nasional, 1999), p. 8059-8060; dan Ahmad Mustafa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Juz 28, (Mesir: Mustafa Bab al-Halabi, t.th.)
M. Ihsan Dacholfany, Faktor Kegagalan dan Kunci Sukses Dalam Kepemimpinan, Jakarta,2012
M. Ihsan Dacholfany, Revitalisasi Perguruan tinggi Islam Dalam membangun Ilmu dan Peradaban, Universitas Muhammadiyah Metro, Naskah seminar Internasional,16 November 2013
Nurcholish Madjid, Tradisi Islam, Peran dan Fungsinya dalam Pembangunan di Indonesia, Jakarta: Paramadina , Jakarta, 2006.
Permadi, Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta, 1996,
Zainun, Manajemen dan Motivasi, Jakarta, 1989

Internet
Berita Pendidikan Online. Kampus Islam Swasta Tolak RUU Badan Hukum Pendidikan. http:// minangkabaunewspendidikan.blogspot.com/feeds/posts (diakses pada 19 Mei 2008).
Berita Makasar. Ratusan PTIS di Indonesia Belum Mapan, www.beritamakasar.com. Selasa, 20-02-2007 (diakses pada 21 Mei 2008).
http://e-dokumen.kemenag.go.id/files/vAL5SVEM1292300152.pdf
Kartanegara, Diana, Strategi Membangun Eksekutif, http://www.pln.co.id/fokus
nursyam.sunan-ampel.ac.id/

Downloads

Published

2017-09-24