Spiritual Intelligence (SQ) and Their Relationship with Intellectual Intelligence (IQ) of MI Quhas School Students

Authors

  • arsyad arsyad Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Safitriani safitriani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32332/nizham.v11i02.7573

Keywords:

Spiritual Intelligence (SQ); Intellectual Intelligence (IQ)

Abstract

Dalam penelitian ini, siswa MI Quhas School Kota Jambi akan dievaluasi tingkat kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) serta hubungannya satu sama lain. Dengan complete sampling sebagai teknik pengambilan sampel, penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif. Menurut temuan penelitian yang didasarkan pada data yang dikumpulkan dan dibahas di atas, siswa di Sekolah MI Quhas Kota Jambi menunjukkan hubungan antara kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) yang didominasi oleh mereka yang mendapat nilai di kategori “sangat baik” (31,25%), “baik” (35,42%), “sedang” (20,83%), dan “rendah” (12,50%). Mengenai kecerdasan intelektual siswa, siswa menduduki kategori “sangat baik” dengan 35,42%, kategori “baik” dengan 37,50%, kategori “sedang” dengan 18,75%, dan kategori “rendah” dengan sisanya 8,33%. Hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual murid dan kecerdasan spiritual (SQ) juga dapat disimpulkan dari temuan uji korelasi (IQ). Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) siswa secara signifikan dipengaruhi oleh kecerdasan spiritual (SQ).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-02