Spiritual Intelligence (SQ) and Their Relationship with Intellectual Intelligence (IQ) of MI Quhas School Students
DOI:
https://doi.org/10.32332/nizham.v11i02.7573Keywords:
Spiritual Intelligence (SQ); Intellectual Intelligence (IQ)Abstract
Dalam penelitian ini, siswa MI Quhas School Kota Jambi akan dievaluasi tingkat kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) serta hubungannya satu sama lain. Dengan complete sampling sebagai teknik pengambilan sampel, penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif. Menurut temuan penelitian yang didasarkan pada data yang dikumpulkan dan dibahas di atas, siswa di Sekolah MI Quhas Kota Jambi menunjukkan hubungan antara kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) yang didominasi oleh mereka yang mendapat nilai di kategori “sangat baik” (31,25%), “baik” (35,42%), “sedang” (20,83%), dan “rendah” (12,50%). Mengenai kecerdasan intelektual siswa, siswa menduduki kategori “sangat baik” dengan 35,42%, kategori “baik” dengan 37,50%, kategori “sedang” dengan 18,75%, dan kategori “rendah” dengan sisanya 8,33%. Hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual murid dan kecerdasan spiritual (SQ) juga dapat disimpulkan dari temuan uji korelasi (IQ). Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) siswa secara signifikan dipengaruhi oleh kecerdasan spiritual (SQ).