The leadership of Prophet Dauid and Prophet Sulayman in the Qur'an

Authors

  • Muhammad Nurfaizi Arya Rahardja Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/nizham.v11i02.7568

Keywords:

Kepemimpinan, Daud, Sulaiman

Abstract

Kepemimpinan adalah sebuah unsur yang tidak bisa dipisahkan dalam Islam dan kehidupan sehari-hari, karena kepemimpinan adalah fitrah seorang manusia untuk hidup dalam sebuah kelompok dan dalam setiap kelompoknya dibutuhkan seorang pemimpin untuk dijadikan pedoman kelompok tersebut. Salah satu isu kepemimpinan dalam al-Qur’an adalah kisah kepemimpinan Nabi Daud As. dan Nabi Sulaiman As. Banyak peneliti yang telah meneliti kepemimpinan Nabi Daud As. dan Nabi Sulaiman As. namun hanya berfokus kepada sifat yang dimiliki Nabi Daud As. dan Nabi Sulaiman As. sebagai figur pemimpin. Berdasarkan hal itu penulis melihat adanya ruang kosong dalam penelitian tentang kepemimpinan Nabi Daud As. dan Nabi Sulaiman As.  yaitu bagaimana Nabi Daud As. dan Nabi Sulaiman As menjalankan kepemimpinannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan teknik library research untuk mendapatkan data penelitiannya. Sumber data utama dari penelitian ini adalah Qs. al-Naml/ 27: 36-37 dan Qs. Ṣād/ 38: 22-24. Data yang didapat dari penelitian ini akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif-analisis dengan menggunakan metode penafsiran maudū‘ī. Hasil dari penelitian ini adalah, 1. Adanya perubahan Nabi Daud As. dalam menyelesaikan masalah, yaitu sebelum diuji dan pasca diuji oleh Allah Swt. 2. Nabi Daud As. bertugas untuk mengelola wilayah kepemimpinannya dengan baik, mendengarkan aspirasi yang memilihnya, dan menyelesaikan masalah dengan adil dan benar, 3. Nabi Sulaiman As. merupakan seorang pemimpin yang tegas, berhati-hati dan berpendirian, 4. Nabi Sulaiman As. pemimpin yang sangat percaya diri.

References

Abdullah, Taufik. Ensiklopedi Tematis Dunia Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.
Amin, Surahman dan Ferry Muhammad Siregar. “Pemimpin dan Kepemimpinan dalam al-Qur’an.” Tanzil 1, no. 1 (Oktober, 2015): 34.
Bantanī, Muhammad Nawāwī al-. Tafsīr al-Munīr. Terj. Bahrun Abu Bakar. Jilid 1. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo, 2017.
Bantanī, Muhammad Nawāwī al-. Tafsīr al-Munīr. Terj. Bahrun Abu Bakar. Jilid 4. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo, 2017.
Dumaijī, Abdullāh al-. al-Imāmah al-‘Uẓmā. Terj. Umar Mutahid. Jakarta Timur: Ummul Qura, 2021.
Hamka, Tafsīr al-Azhār. Jilid 2. Singapure: Pustaka Nasional PTE LTD, 1999.
Hasani, Faidhullah al-. Fath al-Rahmān. Bandung: Penerbit Diponegoro, t.th.
Herlambang, Saifuddin. Pemimpin dan Kepemimpinan dalam al-Qur’an: Sebuah Kajian Hermeneutika. Pontianak: Ayunindya, 2018.
Jazāirī, Abū Bakr Jābir al-. Tafsīr al-Qur’ān al-Aysār. Terj. Suratman dan Fityan Amali. Jilid 4. Jakarta: Darus Sunnah Press, 2017.
Jazāirī, Abū Bakr Jābir al-. Tafsīr al-Qur’ān al-Aysār. Terj. Suratman dan Fityan Amali. Jilid 6. Jakarta: Darus Sunnah Press, 2017.
Mattawang, Salehuddin. “Wawasan Kepemimpinan Nabi Sulaiman As dalam al-Qur’an (Sebuah Kajian Tafsir Tematik).” Skripsi S1., Universitas Airlangga, 2018.
Maudūdī, Abū al-A’lā al-. al-khilāfah wa al-Mulk. Terj. Muhammad al-Baqir. Bandung: Mizan, 1996.
Maulidi, Muhammad Agus. “Nilai Kepemimpinan Islam yang Terkandung dalam Kisah Nabi Sulaiman Surat An-Naml Ayat 15-19.” Skripsi S1., Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.
Nasional, Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. 2. Jakarta: Balai Pustaka, 2022.
Sari, Milya dan Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): 43.
Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2007.
Shihab, M. Quraish. Tafsīr al-Miṣbāh. Jilid 9. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Shihab, M. Quraish. Tafsīr al-Miṣbāh. Jilid 8. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Shihab, M. Quraish. Tafsīr al-Miṣbāh. Jilid 11. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Shihab, M. Quraish. Tafsīr al-Miṣbāh. Jilid 10. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Tābarī, Ibn Jarīr al-. Jāmi’ al-Bayān fī Ta’wīl Ay al-Qur’ān. Jilid 8. Kairo: Muassasah al-Risālah, 2000.
Tantāwī, al-. Tafsīr al-Wasīt. Jilid 3. Mesir: Dār Nahdah, 1997.
Zuhdi, Muhammad Harfin. “Konsep Kepemimpinan dalam Persepektif Islam.” AKADEMIKA 19, no. 1 (Maret, 2014): 39-40. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/405/413.

Downloads

Published

2023-11-02