IMPLEMENTASI AL-DALALAH MAFHUM AL-MUKHALAFAH AL-SYAFI'IYAH DALAM ILMU EKONOMI ISLAM.docx

Authors

  • Rokhmat Subagiyo

Abstract

Umat Islam hidup di dunia ini bertujuan untuk mendapatkan ridho Allah SWT, dengan berlandaskan pada nash Al-Qur’an dan hadits nabi Muhammad SAW. Kalimat-kalimat yang ada di dalamnya membuka peluang interprestasi yang berbeda. Oleh sebab itu timbul makna yang yang bervariasi terhadap perintah/larangan. Agar terhindar dari taklid yang berlebihan dalam sebuah memahami  nash ekonomi Islam, penting untuk mengkaji pentingnya al-dalalah mafhum al-mukhalafah as-Syafiiyah.Hasilnya antara lain: ada perbedaan pendapat di antara imam madzab, diantaranya Imam Syafi’i beranggapan dalam nash terdapat dua pemikiran yang lebih dikenal dengan dalalah al-manthuq dan dalalah al-mafhum. Dalalah al-mafhum terdiri atas mafhum muwafaqat dan mafhum mukhalafah. Jenis-jenis mafhum mukhalafah yaitu mafhum sifat, syarath, ghayah, ‘adad  dan laqab.

References

‘Atha bin Khalil. Ushul Fiqih: Kajian Mudah Dan Praktis. Edited by Yasin as-Siba’i. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah, 2010.
Atabik, Ahmad. “Manthuq Dan Mafhum Dalam Menetapkan Hukum Dari Alqur’an Dan Sunnah.” Yudisia Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islami 6, no. 1 (2015): 98–118. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Yudisia/article/view/1478.
Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Surabaya: Penerbit Al-Hidayah, 2012.
H.A. Khisni. Epistemologi Hukum Islam (Sumber Dan Dalil Hukum Islam,Metode Istimbath Dan Ijtihad Dalam Kajian Epistemologi Usul Fikih). Semarang: Unnisula Press, 2012.
Hamsidar. “Urgensi Lafazh Al-Dalalah (Mafhum Muwafaqat Dan Mukhalafah) Dalam Mengistimbhatkan Hukum.” Al-Bayyinah (n.d.). e-jurnal.stainwatampone.ac.id/index.php/Al-Bayyinah/article/.../13.
Khallaf, Abdul Wahhab. Ilmu Ushul Al-Fiqh. III. Kairo: Maktabah al-dakwah al-Islamiyah, 1990.
———. Ilmu Ushul Fiqh. Edited by Moh Zuhri dan Ahmad Qarib. Semarang: Dina Utama, 1994.
Musa bin Musthofa al Abiidan. Dalalatu Tarki Bil Jumal Indal Ushuliyin. Damaskus, Siria: awanil unnasri wat tauzi wal hidmat attibaiyah, 2002.
Romli. Studi Perbandingan Ushul Fiqh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Syafe’i, Rahmat. Ilmu Ushul Fiqih. Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Syarifuddin, Amir. Ushul Fiqh. I. Jakarta: Kencana, 2008.
Zahrah, Muhammad Abu. Ushul Al-Fiqh. Jakarta: PT. Pustaka Firdaus, 1997.

Downloads

Published

2019-01-09