Pencegahan Paham Radikalisme Lewat Penguatan Moderasi Beragama Melalui Ekstrakurikuler Rohani Islam
DOI:
https://doi.org/10.32332/moderatio.v4i1.8802Keywords:
penguatan, moderasi beragama, rohani islamAbstract
Penguatan moderasi beragama dinilai penting untuk dibangun dalam mewujudkan sikap beragama yang damai dan penuh toleransi. Upaya penguatan moderasi beragama tentu diperlukan kepada generasi muda khususnya siswa sekolah dengan memanfaatkan organisasi kesiswaan seperti Rohani Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan fungsi Rohani Islam dalam penguatan moderasi beragama, menguraikan implementasi penguatan moderasi beragama melalui Rohani Islam dan mendeskripsikan implikasi dari penguatan moderasi beragama melalui rohani Islam di SMA Negeri 1 Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi secara langsung, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Rohani Islam berfungsi strategis dalam penguatan moderasi beragama di SMA Negeri 1 Binjai. Implementasi penguatan moderasi beragama dilakukan melalui sebuah kegiatan kelompok bersama yang mencakup seluruh siswa dengan agama berbeda dan melalui kampanye moderasi beragama lewat youtube dan media sosial. Implikasi penguatan moderasi beragama terlihat pada peningkatan sikap moderasi beragama siswa di lingkungan sekolah yang tercermin dalam sikap berteman siswa yang tidak membeda-bedakan ras, suku, budaya dan agama. Dengan demikian, melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penguatan moderasi beragama melalui Rohani Islam dapat meningkatkan sikap moderasi beragama siswa di SMA Negeri 1 Binjai.
Downloads
References
Akhmadi, Agus. (2019). “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ‟ S Diversity,” Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 : 45–55 Retrieved from https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/82
Allan Pragusti, Alimni, dan Ahmad Suradi. (2022). “Moderasi Beragama Di Sekolah Sebagai Usaha Peningkatan Moral Peserta Didik”, Jurnal Manthiq: Filsafat Agama dan Pemikiran Islam 7, no. 2: hal. 266-28, http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v7i2.9997
Aniqoh, Nihayatul Husna, dan Tri Wahyuni. (2021). “Pengaruh Kegiatan Organisasi Rohis dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama Siswa Sma negeri 4 Purworejo”, ASNA: Jurnal Kependidikan Islam dan Keagamaan 3, no. 1: hal. 24-32, https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/61
Christa Boer and Hester E M Daelmans. (2020). “Team up with the Kearifan lokalin Medical Teaching,” British Journal of Anaesthesia124, no. 3 : 52–54, https://doi.org/10.1016/j.bja.2019.12.031
Fauzian, Rindan et al., (2021). “Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membentuk Sikap Moderat Siswa Madrasah,” ALWIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies 6, no. 1 : 1-14 https://doi.org/10.58788/alwijdn.v6i1.933
Hamdi, Saibatul, Munawarah Munawarah, and Hamidah Hamidah, (2021). “Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama Di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi Untuk Membangun Harmonisasi,” Intizar: 27, no.1 : hal. 1-15 https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8191
Jamaluddin, Syamsul Bahri Tanrere and Akhmad Shunhaji. (2022). ”Penguatan Moderasi Beragama Pada Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Di Sman 6 Depok,” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 3 : hal. 509-519. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i03.334
Muchith, Muhammad Saekan. (2016). “Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan,” Jurnal Addin : Media Dialektika Ilmu Islam 10, no. 1: hal 163-180, http://dx.doi.org/10.21043/addin.v10i1.1133
Muhammad B. Sholeh et al., (2021). “The Integration of Religious Moderation Values in English Language Teaching in Madrasah,” in Advances in Social Science, Education and Humanities Research,vol. 633 (Presented at the International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), Surabaya: Atlantis Press SARL, 2022), 178–185. https://www.atlantis-press.com/article/125968405.