PENERAPAN KONSEP MODERASI BERAGAMA SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR KONFLIK SOSIAL KEAGAMAAN DI MADRASAH NEGERI 5 LAMPUNG UTARA

Authors

  • Anggoro Dwi Cahyo Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Lampung Utara

DOI:

https://doi.org/10.32332/moderatio.v2i2.5817

Keywords:

Moderasi Beragama, Madrasah, Struktur Organisasi

Abstract

Pada tahun 2019 Kementerian Agama Republik Indonesia menggunakan istilah “moderasi beragama” dalam setiap keputusan serta rencana yang dibuatnya. Memahami moderasi beragama sangat penting untuk memiliki pandangan yang tepat tentang moderasi beragama. Kementrian agama sebagai pencetus moderasi beragama juga memiliki lembaga pendidikan dari RA hingga perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan. Mengoptimalkan peran seorang guru didalam kelas terutama wali kelas yang biasanya menentukan struktur organisasi didalam kelas tersebut. Anak laki-laki dan wanita memiliki kesamaan derajat pada zaman sekarang ini. Baik dari segi pendidikan di tingkat MI, MTs, MA dan Perguruan tinggi tetapi dalam pemilihan ketua kelas atau pengurus kelas yang lainnya harus memilih anak yang mampu mengemban amanah tersebut.

References

Aceng Abdul Aziz, Anis Masykhur, A Khoirul Anam, Ali Muhtarom, Idris Masudi, M. D. (2020). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Agesna, W. (2018). Kedudukan Pemimpin Perempuan Dalam Perspektif Hukum Islam. Al-Imarah : Jurnal Pemerintahan dan Politik Islam, 3(1), 122–132.
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
Anwar, K. (2018). Urgensi Penerapan Manajemen Konflik Dalam Organisasi Pendidikan. Studi dan Pendidikan Islam, 1, 31–38.
Anzizhan. (2015). Konflik Dalam Organisasi Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 114–131.
Chadidjah, S. dkk. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar,Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 115.
Faridah, A. (2018). Gender dalam Pendidikan Pesantren. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 12(1), 133–146.
Fitriyani, A. dan Z. (2021). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Ideal. 19, 177–185.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.an. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Harahap, N. (2014). PENELITIAN KEPUSTAKAAN Oleh: Jurnal Iqra’, 08(01), 68–73.
Hariandi, A. (2016). PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 77/I PENEROKAN KECAMATAN BAJUBANG.
Hayati, N. E. R. (2022). Konsep dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Sikap Sosio - Religus dan Toleransi Beragama Di Universitas Merdeka Malang. In Tesis. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital : Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Religious Moderation in The Digital Space : Case Study of Mainstreaming Religious Moderation among Islamic Higher Education Institut. Bimas Islam, 13(1), 1–22. https://jurnalbimaislam.kemenag.go.id/jbi/article/download/182/142/739
Ima, D., Restu, N., & Yusuf, S. (2021). a Kartini Dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. 2(1), 343–354.
Kosasih, E. (2019). Literasi Media Sosial dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 263–296. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.118
Lessy, Z., Widiawati, A., Alif, D., Himawan, U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam, 3(02), 137–148. http://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/paedagogie/article/view/761
Marsela, R. (2020). Refleksi Konflik Sosial Antartokoh Dalam Novel Negeri Di Ujung Tanduk Karya Tere Liye(Reflection of Social Conflict Between Characters in the Novel“Negeri Di Ujung Tanduk” By Tere Liye). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 10(2), 189. https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i2.9375
Mohammad Fahri, Z. A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100.
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18(1), 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Prastyo, D. (2020). Prespektif Gender Dalam Penentuan Pengurus Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 59–63. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/8638
Purnomo, B., & Aulia, F. (2018). Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar Budi Purnomo 1 , Febliana Aulia 2 1). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 73–91.
Qowim, A., Suprapto, Y., & Nur, D. M. M. (2020). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Tpq Ngerang Tambakromo-Pati. Tunas Nusantara, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507
Rahmah, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Alquran (Studi Pemikiran M. Quraish Shihab dalam Buku Wasatiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama). Tesis, 1–198.
Romlah, L. S., Purnama, R., & Khofipah, N. (2022). Peran Moderasi Beragama Pada Komunitas Seni Taman Suropati Jakarta. Sosio Religia, 03(01). http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr/article/view/13004
Rusmayani. (2018). Penanaman Nilai-nilai Moderasi Islam bagi Siswa di Sekolah Umum. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 2, 786–795.
Sari, M. (2020). Penelitian kepustakaan dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.
Senjaya, F. (2020). Modernisasi Beragama: Peran Guru, Kepala Madrasah Dan Pengawas. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 11(2020), 121–134. http://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/195
Sipayung, M. E. (2016). Konflik Sosial dalam Novel Maryam karya Okky Madasari: Kajian Sosiologi Sastra. Sintesis, 10(1), 22–34. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis/article/download/164/151

Published

2022-12-31