PENGEMBANGAN EDUGAME ARISA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ADOBE ANIMATE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII

Authors

  • Ahmad Zulfikri Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Nanang Nabhar Fakhri Auliya Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v5i1.9301

Keywords:

Edugame, Media Pembelajaran, Adobe Animate, Aritmatika Sosial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah game bernama Arisa yang berfokus pada materi aritmetika sosial, kemudian akan dinilai kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Kelayakan game ini dievaluasi melalui uji kelayakan ahli media, uji kelayakan ahli materi, serta respon siswa di SMP Plus Abayasa Pati. Hasil uji kelayakan ahli materi menunjukkan bahwa game Arisa mendapat tingkat kelayakan sebesar 92,5%, dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan ahli media juga memberikan tingkat kelayakan sebesar 87,5%, dengan kategori sangat layak. Uji coba pada siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kecil dan kelompok besar, dengan tingkat kelayakan masing-masing sebesar 84,88% dan 84,68%, keduanya dinilai sangat layak. Oleh karena itu, game Arisa dianggap sangat layak dan efektif dalam mendukung pembelajaran matematika, terutama pada materi aritmetika sosial.

References

Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US.
Drigas, A. S., & Pappas, M. A. (2015). A review of mobile learning applications for mathematics. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 9(3), 18–23. https://doi.org/10.3991/ijim.v9i3.4420
Islam, M. S., & Fahmi, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 624–630.
Mubharokh, A. S., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2021). Pengembangan game edukasi matematika berbasis komputer pada materi pola bilangan. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 33–43. https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.34376
Novianti, & Fakhriyana, D. (2022). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah pada model pbl dengan strategi index card match dan think pair share dalam materi fungsi. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 10(1), 127–141. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n1a9
Ponidi, & Nugroho, M. (2020). Modul Pembelajaran SMP Terbuka Matematika Kelas VII: Modul 6 Aritmatika Sosial. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud.
Rahayu, Y., Ahmad, H. A., & Alamsyah, I. M. (2021). The implementation of tpack framework in mathematics mobile edugame design: Basic multiplication and division concept. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012029
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?id=pJHcDwAAQBAJ
Restian, A. (2020). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi (2 ed.). UMM Press.
Statcounter. (2022). Mobile Operating System Market Share in Indonesia - October 2022. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (22 ed.). Alfabeta.
Wahyuni, T., Khotimah, K., & Nasrulloh, M. F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CAMTASIA© DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR? MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII. Ed-Humanistics, 6(1), 766–770. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1459
Wibawanto, W., & Nugrahani, R. (2018). Desain Antarmuka (User Interface) Pada Game Edukasi. Jurnal Imajinasi, 12(2), 57–64.

Downloads

Published

2024-05-14