Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis

  • Dwi Laila Sulistiowati IAIN Metro
Keywords: disposisi berpikir kritis kemampuan berpikir kritis pembelajaran matematika

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis merupakan dua komponen penting dari berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi berpikir kritis siswa. Penelitian ini tergolong penelitian korelasional. Enam puluh dua siswa SMA Kelas X berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket disposisi berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi berpikir kritis siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,646. Kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi berpikir kritis siswa saling menguatkan satu sama lain. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang tinggi juga memiliki disposisi berpikir kritis yang tinggi. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang rendah cenderung memiliki disposisi berpikir kritis yang juga rendah. Dengan kata lain, kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi berpikir kritis adalah dua hal yang saling menguatkan. Kemampuan dan disposisi berpikir kritis, keduanya penting untuk dilatih dan dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika.

References

Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran & Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Ali, G., & Awan, R. N. (2021). Thinking based instructional practices and academic achievement of undergraduate science students: exploring the role of critical thinking skills and dispositions. Journal of Innovative Sciences, 7(1), 56-70. http://dx.doi.org/10.17582/journal.jis/2021/7.1.56.70

As' ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2017). Our prospective mathematic teachers are not critical thinkers yet. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145-156. http://dx.doi.org/10.22342/jme.8.2.3961

Avrianda, D. Y., & Ammy, P. M. (2023). Implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 4(2), 62-71. https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16508

Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & Wallace, J. M. (2010). Critical Thinking: A Student’s Introduction. London: McGraw-Hill.

Bell, R., & Loon, M. (2015). The impact of critical thinking disposition on learning using business simulations. The International Journal of Management Education, 13(3), 362-370. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2015.10.003

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model discovery learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469-1479. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.612

Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Illinois: University of Illinois.

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What It Is and Why It Counts. California: California Academic Press.

Fikriyati, A., Agustini, R., & Suyatno, S. (2022). Pre-service science teachers’ critical thinking dispositions and critical thinking skills. Proceedings of the Eighth Southeast Asia Design Research & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity International Conference, 627, 176-181. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211229.028

Hasnawati, H., Khair, B. N., & Oktavianti, I. (2021). Analisis hubungan keterampilan berpikir kritis dengan kecenderungan berpikir kritis mahasiswa calon guru sekolah dasar. Jurnal Syntax Transformation, 2(6), 768-773. https://doi.org/10.46799/jst.v2i6.305

Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan komunikasi matematik serta kemampuan dan disposisi berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35-45. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.97

Husnidar, H., Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 71-82. https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/1288/1176

Irani T, Rudd R, Gallo M, et al. (2007). Critical Thinking Instrumentation Manual. Gainesville, FL.: University of Florida.

Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model inquiry learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515-2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627

King, P, M., & Kitchener, K. (1994). Developing Reflective Judgment: Understanding and Promoting Intellectual Growth and Critical Thinking in Adolescents and Adults. San Francisco: JosseyBass.

Kurniati, D., & As’ari, A. R. (2017). Disposisi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jember: CV Duta Media.

Kusumawati, H. D., & Aminudin, M. (2018). Menanamkan pendidikan karakter melalui pembelajaran matematika dengan mengembangkan ketrampilan berpikir kritis sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan jiwa nasionalisme siswa sma negeri 1 ungaran. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 88-97. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.2.88-97

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073-082. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465

Mahanal, S., Zubaidah, S., Bahri, A., & Maratusy, D. S. (2016). Empowering students’ critical thinking skills through Remap nht in biology classroom. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17(2), 1-13. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13165

Maulana. (2013). Mengukur dan mengembangkan disposisi kritis dan kreatif guru dan calon guru sekolah dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, 4(2), 1-13.

Nasution, E. Y. P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analisis terhadap disposisi berpikir kritis siswa jurusan ips pada pembelajaran matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 61-76. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.130

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model project-based learning dengan pendekatan stem. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10-14. https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/view/24569

Pu, D., Ni, J., Song, D., Zhang, W., Wang, Y., Wu, L., ... & Wang, Y. (2019). Influence of critical thinking disposition on the learning efficiency of problem-based learning in undergraduate medical students. BMC Medical Education, 19, 1-8. https//doi.org/10.1186/s12909-018-1418-5

Rafzan, Budimansyah, D., Rahmat, & Fitriasari, S. (2020). Development of critical thinking skills through the citizenship education course in the era of industrial revolution 4.0. Proceedings of the 2nd Annual Civic Education Conference (ACEC 2019), 418, 256–261. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.050

Rafiqoh, S. (2020). Arah kecenderungan dan isu dalam pembelajaran matematika sesuai pembelajaran abad 21 untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58-73. https://doi.org/10.54314/jmn.v3i1.101

Rahmawati, S. I., Ulya, H., & Purwaningrum, J. P. (2023). Pengaruh model discovery learning berbantuan media smatris (smart & kritis) apps terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3071-3083. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2446

Rauscher, W., & Badenhorst, H. (2021). Thinking critically about critical thinking dispositions in technology education. International Journal of Technology and Design Education, 31, 465-488. https://doi.org/10.1007/s10798-020-09564-3

Tangahu, W., Rahmat, A., & Husain, R. (2021). Modern education in revolution 4.0. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology (IJIERT) , 8(1), 1–5. https://repo.ijiert.org/index.php/ijiert/article/view/2

Ulger, K. (2018). The effect of problem-based learning on the creative thinking and critical thinking disposition of students in visual arts education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1), 1-21. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649

Qodriah, N. L., & Samsudin, A. (2023). Kemampuan berpikir kritis konsep matematika melalui model problem based learning siswa sekolah dasar kelas 2. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2568-2575. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1840
Published
2024-04-25
How to Cite
SULISTIOWATI, Dwi Laila. Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis. LINEAR: Journal of Mathematics Education, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 31-44, apr. 2024. ISSN 2722-760X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/linear/article/view/8980>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.32332/linear.v5i1.8980.