Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v5i1.8980Keywords:
disposisi berpikir kritis, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran matematikaAbstract
Kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis merupakan dua komponen penting dari berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi berpikir kritis siswa. Penelitian ini tergolong penelitian korelasional. Enam puluh dua siswa SMA Kelas X berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket disposisi berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi berpikir kritis siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,646. Kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi berpikir kritis siswa saling menguatkan satu sama lain. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang tinggi juga memiliki disposisi berpikir kritis yang tinggi. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang rendah cenderung memiliki disposisi berpikir kritis yang juga rendah. Dengan kata lain, kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi berpikir kritis adalah dua hal yang saling menguatkan. Kemampuan dan disposisi berpikir kritis, keduanya penting untuk dilatih dan dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika.