MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.8059Keywords:
Penjumlahan dan pengurangan bersusun, Media pembelajaran, Papan jurangAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan data lapangan dan wawancara kepada guru kelas II SDN 21 Limboto yang menyatakan bahwa masih banyak peserta didik kesulitan dalam mengitung penjumlahan dan pengurangan bersusun. Salah satu faktor penyebab dari masalah ini adalah karena kurangnya penggunaan media pembelajaran dan proses pembelajaran dilakukan secara monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bersusun peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran papan jurang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 19 peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi observasi untuk kegiatan guru dan siswa, soal tes kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bersusun, dan wawancara untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang telah dilaksanakan. Teknik analisis data yang digunakan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bersusun peserta didik kelas II SDN 21 Limboto saat pra siklus adalah sangat rendah yakni 0%. Pada siklus 1 terjadi peningkatan kemampuan peserta didik yakni 47,3%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan kemampuan yang baik sekali yakni 84,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran papan jurang (penjumlahan dan pengurangan) dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bersusun pada peserta didik kelas II SDN 21 Limboto.
References
Hijria, F. R., Yulianto, B., & Yuwana, S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Dengan Model Circ Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Berbahasa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1084. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1084-1091
Jalal, N. M. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19 Elementary School Students ’ Perception of Mathematics during the Covid-19 Pandemic. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 27–40.
Juliandi, A. (2014). Classroom action research - Penelitian tindakan kelas. In Workshop on Teaching Grant for Learning Innovation. Medan: Center for curriculum and learning development, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (Issue December).
Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. Jurnal Audi, 3(1), 27. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2071
Laili, D. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Papan Penjumlahan. R2J, 3(3), 174–178. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. 3, 312–325.
Maulidatul Zahara, H. (2019). Pengaruh Media Papan Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2941–2950.
Melati, P. E., Oktavianus, R., Agustina, S., Widiyastuti, I., Matematika, P., Sd, K., & Kidul, P. (n.d.). 3) 4) 5). 579–586.
Rachmantika, A. R. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. 2, 439–443.
Rosna, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajar IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.
Veronica, N. (n.d.). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21 serta Biodiversitas Indonesia.