TREN DAN ISU PENELITIAN UJI-T DAN CHI KUADRAT DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Authors

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Jamaluddin Idris Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh
  • Zainal Abidin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7987

Keywords:

T-test, Chi Square, Statistik

Abstract

Penelitian ini membahas tren dan isu terkini dalam penggunaan uji-t dan chi-kuadrat dalam bidang pendidikan. Metode statistik ini merupakan alat penting dalam menganalisis data pendidikan untuk mengambil keputusan yang lebih informasi. Penelitian ini mengidentifikasi dua isu utama yang saat ini mendominasi penggunaan uji-t dan chi-kuadrat dalam konteks pendidikan.Pemanfaatan rumus statistik One-Sample T Test, Paired Sample T Test dan Independent-Sample T Test serta Chi Square berperan positif dalam proses penelitian sosial khususnya di dunia pendidikan. Proses analisa dapat dilakukan secara manual dan dengan bantuan aplikasi modern seperti SPSS. Banyak penelitian lain yang menggunakan uji-t dan chi square. Kemudian untuk mengolah data penelitian sebelumnya dapat menggunakan berbagai tools seperti SPSS. Banyak program pengolahan data statistik yang tersedia untuk digunakan, namun selain menerjemahkan hasil program ke dalam bentuk kualitatif, pengguna harus menghubungkan kesimpulan dari data yang diperoleh. Terkadang sulit mengambil kesimpulan dari hasil pengolahan data tersebut, terutama bagi pengguna yang belum paham dengan konsep statistika.

Author Biography

  • Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro

    Dedi Wahyudi, seorang Dosen PNS pada Institut Agama Islam Negeri Metro. Konsentrasi kajiannya adalah Pendidikan Agama Islam. Dia dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Informasi karya tulisnya terangkum di https://bit.ly/GS-Dedi. Pengalaman risetnya diantaranya: Pemetaan Kajian Skripsi di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jurai Siwo Metro (2016); Nilai Moral Serat Kalatidha untuk Membangun Harmoni di Tengah Kemajemukan (2017); “Arah Baru” Pendidikan Islam di Lampung: Membaca Shifting Paradigm Pendidikan Islam pada Masyarakat Adat Lampung (2018); Mengelola Kemandirian Lokal: Menilik Kontribusi Tokoh Adat Lampung dalam Membangun Pendidikan Karakter Bangsa (2019); Kitab Kuning dan Formalisasi Pendidikan Islam Pesantren Tafsir Al Qur’an dalam Pendidikan Diniyah Formal (2020); dan Menggagas Pendidikan Moderasi Beragama di Era Education 4.0 Berbasis Manuskrip: Analisis Hermeneutik Serat Wedharaga (2021); dan Analisis Pemikiran Buya Husein Muhammad terhadap Childfree Lifestyle dalam Konstruksi Masyarakat Indonesia (2022). ID terkait dengan Dedi Wahyudi diantaranya: NIP 199101032015031003, Scopus (57816677400), Sinta (235339), dan Orcid (0000-0001-5075-0086).

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan. CV. Widya Puspita.
Anwar, A. (2009). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel. IAIT Press.
Ardianti, S. D., & Fakhriyah, F. (2019). Statistik Pendidikan. In \ (Badan Pene).
Arifin, M. B. U. B., & Aunillah. (2021). Buku Ajar Statistik Pendidikan. UMSIDA Press.
Dwi Laksono, A., Haliq, R., Triana, Y., Rafli, M., Ayu Tri Ashshofiah, P., Setiani Putri, R., Studi Teknik Material dan Metalurgi, P., Teknologi Kalimantan, I., Studi Teknik Mesin, P., & Studi Sistem Informasi, P. (2022). Analisis Hasil Pelatihan Manajemen UMKM Kelurahan Prapatan dengan Uji Statistik Chi Square. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 5(1), 73–82. https://doi.org/10.30591/JAPHB.V5I1.2700
Ergusni. (2015). Uji Hipotesis Analisis Beda Rerata Dua Sampel (Uji-T Dan T’). Prosiding Semnas Mat-PMat STKIP PGRI Sumatera Barat Padang, 1(1).
Ernawati. (2023). Analisis Pembelajaran Daring Mata Kuliah Praktek dengan Uji T Berpasangan dan Matriks Ipa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(10), 5420–5431. https://doi.org/10.36418/SYNTAX-LITERATE.V8I10.13702
Faradiba. (2020). Penggunaan Aplikasi Spss Untuk Analisis Statistika Program.
Hajaroh, S., & Raehanah. (2022). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik). Sanabil.
Hutagalung, A. A., Rahayu, A., Anggitasyah, D., Yunisa, F. A., Andini, Q. P., & Sari, R. F. (2023). Mengukur Tingkat Efektivitas Google Drive Dengan Uji Chi Square Dan Cramer (C) Dalam Pengarsipan Dokumen Amdal. GABDIMAS Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–21. https://journal.aira.or.id/index.php/gabdimas/article/view/600
Imro’ah, N., Kusnandar, D., Debataraja, N. N., Martha, S., Andani, W., Sulistianingsih, E., Perdana, H., Satyahadewi, N., Tamtama, R., & Rizki, S. W. (2022). Pelatihan Software Minitab pada Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 706–712.
Karina, Efendi, R., & Chairani, L. (2020). Hubungan Sistem Pembelajaran Daring Di Era COVID-19 Terhadap Kesehatan Mental Guru SD: Uji Chi-Square dan Dependency Degree. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri, 0(0), 608. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/11198
Khoiriyah, N., & Rusimamto, P. W. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction (Arias) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Macam-Macam Rangkaian Flip-Flop Siswa Kelas X TEI di SMK Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%25p
Kurnianto Asep Setiaji, E. (2022). Analisa Data Dengan Paket Program Sas. www.indomediapustaka.com
Mahendra, I. W. E., & Parmithi, N. nyoman. (2015). Statistik Dasar dalam Penelitian Pendidikan. Paramita.
Montolalu, C. E. J. C., & Langi, Y. A. R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’Cartesian, 7(1), 44–46. https://doi.org/10.35799/DC.7.1.2018.20113
Mundir. (2012). Statistik Pendidikan. STAIN Jember Press.
Nadi, M. A. B., Purba, A., & Zakaria, A. (2018). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Rute Tanjung Karang – Bandara Radin Inten Ii. 90–99.
Nazaruddin, Y. Y. (2014). Modul Pembelajaran SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://doi.org/10.1016/j.arbres.2008.09.002
Nursalam. (2015). Buku Daras Statistika Pendidikan. Alauddin University Press.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.
Paisal, P., Satyahadewi, N., & Perdana, H. (2021). Pengembangan Aplikasi Statistika Berbasis Web Interaktif Untuk Analisis Uji-T. Bimaster : Buletin Ilmiah Matematika, Statistika Dan Terapannya, 10(3). https://doi.org/10.26418/BBIMST.V10I3.47655
Purwanto, A., Asbari, M., Santoso, T. I., Sunarsi, D., & Ilham, D. (2021). Education Research Quantitative Analysis for Little Respondents. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 335–350. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1326
Putri, N. W. S., & Suryati, N. K. (2016). Modul Statitika Dengan SPSS.
Rahayu I Mariati, F., Rachman Waluyo, M., & Ekamila Wahyundari, T. (2020). Analisis Kepuasan Optimalisasi Kinerja Jaringan Berbasis Load Balancing dan Wifi-Offload Menggunakan Uji T Paired (Studi Kasus pada UPN Veteran Jakarta). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.36040/jtmi.v6i2.3010
Ravis, M., Muhammad, G., & Arman, M. (2019). Perbandingan Performansi Single Web Server Dan Multi Web Server Dengan Uji Coba Paired Sample T Test. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(2), 116–123. https://doi.org/10.32736/SISFOKOM.V8I2.668
Riani, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran SPSS untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Mengolah Data Statistika. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(3), 33–38. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i3.328
S, D. S., Rostikawati, R. T., & Suryanti, Y. (2023). Pelatihan Penerapan E-Modul Berbasis Anyflip Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 882–887. https://doi.org/10.31004/CDJ.V4I1.12598
Sheilliarika, W. A., Maryani, S., & Efendi, H. (2021). Pengaruh Membatasi Mobilitas Kereta Api Guna Mencegah Covid-19 Dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 43–48. https://doi.org/10.20884/1.JMP.2020.12.2.3741
Sudrajat, D. (2020). Pengantar Statistika Pendidikan Disertai Aplikasi Program SPSS. Pusat Kajian Bahasa dan Budaya.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. UNY Press.
Tetiray, K. J., Nurafriani, & Yusnaeni. (2022). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dan Tingkat Stres Anak TerhadapBelajar Online. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.35892/JIMPK.V2I1.734
Wardana, A. (2007). Menggunakan SPSS dalam Penelitian Sosial (Modul Metode Penelitian Sosial Budaya).
Yuliani, S., & Hartanto, D. (2019). Statistik Riset Pendidikan; Dilengkapi Analisis SPSS. Cahaya Fidaus. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/1762
Yunus, H., Barata, G., & Ibrahim, A. (2019). Analisis Hubungan Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Prestasi Mahasiswa Fasilkom UNSRI melalui Metode Uji Chi-Square. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 5(1), 28–33. https://doi.org/10.31961/POSITIF.V5I1.667

Downloads

Published

2023-11-04