ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI STATISTIKA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7979

Keywords:

Berpikir kreatif, Pembelajaran matematika, Realistic Mathematics Education

Abstract

Berpikir kreatif penting bagi siswa untuk beradaptasi, yang ditandai dengan kemampuan siswa untuk memberikan ide-ide baru yang unik dan berbeda. Kriteria berpikir kreatif yaitu kemampuan menghasilkan jawaban yang relevan (fluency), jawaban yang beragam (flexibility), jawaban yang unik dan berbeda (originality), dan menjelaskan jawaban yang diperoleh (elaborasi). Kemampuan berpikir kreatif dapat ditingkatkan melalui pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yang menggunakan masalah kontekstual agar siswa mampu mengkonstruksi pengetahuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan subyek kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol di MTs Al-Misri. Kemampuan berpikir kreatif diukur melalui post-test. Hasil uji-t menunjukkan ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rerata kelas kontrol 38,59 sedangkan kelas eksperimen 65,14. Subjek di kelas eksperimen memenuhi kriteria berpikir kreatif yang lebih banyak dibandingkan subjek di kelas kontrol.

References

Aini, Afifah Nur, Sunardi, Slamin, and Hobri. (2017). Student’s Mathematics Creative Thinking Skills in Terms of Logical Mathematical Intelligence.

Aini, A. N., Mukhlis, M., Annizar, A. M., Jakaria, M. H. D., & Septiadi, D. D. (2020). Creative thinking level of visual-spatial students on geometry HOTS problems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1465, No. 1, p. 012054). IOP Publishing.

Hidayat, W., Jayanti, K., Nurismadanti, I. F., Akbar, M. Z. I., Pertiwi, K. A., & Rengganis, P. (2019). Pembelajaran RME (Realistic Matematics Education) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Pada Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 41-50.

Hutasuhut, Addiestya Rosa. (2019) "Studi literatur meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan pendekatan pmr matematis siswa." Journal of Mathematics Teacher Education 1: 1-9.

Iskandar, Ratu Sarah Fauziah, and Dadang Juandi. (2022) "Study Literature Review: Realistic Mathematics Education Learning on Students’ Mathematical Creative Thinking Ability." SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 6, no. 1: 35-42.

Ismunandar, D., Gunadi, F., Taufan, M., & Mulyana, D. (2020). Creative thinking skill of students through realistic mathematics education approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012054). IOP Publishing.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).

Nugraha, F. A., Sidik, J. A. A., Iskandar, R. S. F., & Raharjo, S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. In Seminar & Conference Proceedings of UMT (pp. 102-107).

Puspitasari, Lila, Akhsanul In'am, and Mohammad Syaifuddin. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education 14, no. 1: 49-60.

Ramadhani, M. H., & Caswita, C. (2017). Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 265-272).

Rismaratri, D., & Nuryadi, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran quantum dengan pendekatan realistic mathematic education (rme) terhadap kemampuan berfikir kreatif dan motivasi belajar matematika. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 70-76.

Rodiyat, Y., Handayani, H., & Nurdiansyah, N. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang. Sebelas April Elementary Education, 1(3), 57-65.

Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.

Soraya, F., Yurniwati, Y., Cahyana, U., & Syarif Sumantri, M. (2018). The Application of Realistic Mathematics Education (RME) Approach to Increase the Creative Thinking Ability of Fraction Subject Matter for Fourth-Graders of SDN Rawajati 06 Pagi. American Journal of Educational Research, 6(7), 1016-1020.

Suyitno, A. (2020). Growth of student mathematical creativity as part of 4C competence for entering the 21st century. In Journal of Physics: Conference Series, vol. 1567, no. 2, p. 022100. IOP Publishing.

Downloads

Published

2023-11-09