BAHAN AJAR METODE NUMERIK BERBANTU APLIKASI FOCUSKY DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Isnaini Nur Azizah Universitas Ma'arif Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7941

Keywords:

Metode Numerik, Focusky, Pembelajaran Daring

Abstract

Bahan ajar adalah komponen penting dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar metode numerik berbantuan aplikasi focusky yang akan digunakan dalam sistem pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan ADDIE yaitu Analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 31 subjek mahasiswa Universitas Ma’arif Lampung. Berdasarkan analisis data, hasil validasi rancangan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 3,32 dan ahli media memperoleh nilai rata-rata 3,42. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji coba lapangan berdasarkan hasil analisis angket respon mahasiswa diperoleh skor 2,86, disimpulkan bahwa daya tarik media termasuk dalam kategori menarik dan hasil keefektifan media mencapai 76% dan dinyatakan sangat efektif. Kesimpulannya, penggunaan bahan ajar ini layak dan efektif.

Downloads

Published

2023-11-04