CASE BASED REASONING: DAMPAK TERHADAP BERPIKIR KREATIF, PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF ESTEEM MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7822Keywords:
Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep, Self Esteem, Case Base ReasoningAbstract
Pemahaman konsep, berpikir kreatif, dan self esteem matematis merupakan keterampilan matematika dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan. Merujuk pada hasil pra penelitian diperoleh bahwa pemahaman konsep peserta didik masih lemah karena rata-rata hasil tes masih di bawah KKM. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik juga masih rendah karena minat peserta didik yang kurang dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang membutuhkan banyak strategi. Aspek afektif self esteem peserta didik tergolong kurang karena peserta didik masih menganggap bahwa matematika itu pelajaran yang menakutkan. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Buay Madang Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment dengan desain penelitian post-test only control group. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-D dan VIII-E dengan teknik sampling acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Multivariat Analysis of Variance (Manova). Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran case based reasoning terhadap pemahaman konsep, berpikir kreatif, dan self esteem matematis peserta didik.
References
Eviliasani, Keni, Jozua Sabandar, and Nelly Fitriani. “Problem-Based Learning Assisted by GeoGebra to Improve Students’ Mathematical Understanding.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14, no. 1 (2022): 85–98. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1092.
Fajrizal, Rafika, Farida, and Abi Fadila. “Penerapan Model Pembelajaran Jucama Untuk.” Jurnal E-DuMath 5, no. 2 (2019): 72–80.
Irawati, Neny, and Nurahma Hajat. “Hubungan Antara Harga Diri (Self Esteem) Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Smkn 48 Di Jakarta Timur.” Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan 10, no. 2 (2018): 193–210. https://doi.org/10.21009/econosains.0102.04.
Jonassen, David H., and Julian Hernandez-Serrano. “Case-Based Reasoning and Instructional Design: Using Stories to Support Problem Solving.” Educational Technology Research and Development 50, no. 2 (2002): 65–77. https://doi.org/10.1007/BF02504994.
Kania, N. (2020). Aplikasi Macromedia Flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96-109.
Lena, Mai Sri, Netriwati, and Nur Rohmatul Aini. Metode Penelitian. Malang: CV IRDH, 2019.
Lestari, Karunia Eka, and Mokhammad Ridwan Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. Edited by Anna. 3rd ed. Bandung: PT Refika Aditama, 2022.
Mulyana, Sri, and Sri Hartati. “Tinjauan Singkat Perkembangan Case Based Reasoning.” Seminar Nasional Informatika 2009 UPN “Veteran” Yogyakarta 2009, no. semnasIF (2009): 17–24.
Netriwati. “Penerapan Taksonomi Bloom Revisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.” Desimal: Jurnal Matematika 1, no. 3 (2018): 347–52. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3238.
Netriwati, Mai Sri Lena, and Yumn Jamilah. Evaluasi Dan Proses Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Pusaka Media, 2022.
Oktalina, Gayatria. “Studi Komparasi Pengaruh Metode Pembelajaran Case Based Reasoning Dan Problem Based Learning Terhadap Creative Problem Solving Skill Siswa Berdasarkan Perbedaan Wilayah Sekolah.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2017. http://repository.upi.edu/id/eprint/31477.
Rahmania, Nadiya Nur. “Penerapan Pembelajaran Case-Based-Reasoning (CBR) Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Minyak Bumi: Penelitian Kelas Terhadap Siswa Kelas X SMA Darul Fatwa Sumedang.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung., 2017, 82. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17084.
Saidah, Dwijanto, and Iwan J. “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Ilmu Pendidikan, no. 2012 (2020): 1042–45.
Septiana, Ella, C. M. Zubainur, and M. Ramli. “The Enhancement of Student’s Mathematical Understanding Ability through the Aptitude Treatment Interaction (ATI) Learning Model.” Journal of Physics: Conference Series 1882, no. 1 (2021). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012072.
Yuberti, and Antomi Saregar. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains. Bandar Lampung: Aura Publishing, 2017.