PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7635Keywords:
SPLDV, E-LKPD Matematika, Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian pengembangan bahan ajar E-LKPD berbasis pendekatan pemecahan masalah (problem solving) dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang belum maksimal dan masih belum ada inovasi di SMPN 1 Rumbia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar E-LKPD berbasis pendekatan pemecahan masalah (problem solving) guna memenuhi kebutuhan produktivitas belajar. Adapun kualitas produk pengembangan harus memenuhi kriteria yang ditinjau dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg & Gall meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan yaitu angket penilaian oleh ahli materi dan ahli media dan angket kepraktisan respon peserta didik. Skor penilaian oleh ahli materi yaitu 176 dengan nilai rata-rata 4,38 termasuk dalam kategori “Sangat Setuju”. Skor validasi ahli media yaitu 135 dengan nilai rata-rata 3,89 termasuk dalam kriteria “Setuju”. Hasil respon peserta didik mendapat respon positif dari pengisian angket respon peserta didik dengan nilai persentase sebesar 92% termasuk dalam kriteria “Sangat Praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis pendekatan pemecahan masalah (problem solving) materi sistem persamaan linier dua variabel yang telah dikembangkan layak dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran matematika.
References
Darmawan, Muhammad Alfian, and Dian Ariesta Yuwaningsih. “Pembangan E-LKPD Matematika Berbasis Problem Solving Pokok Bahasan Pola Bilangan.” Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 9, no. 4 (December 31, 2021).
Denia, Anggita, Vera Mandailina, and Syaharuddin Al Musthafa. “Pengembangan LKS Maematika Menggunakan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Aritmatika.” Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 1, no. 1 (April 6, 2018).
Dhema, M., and A. Jufriansah. 2021. “Aktivitas Dan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Di SMK.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 4(1):39–44. doi: 10.22460/jpmi.v4i1.39-44.
Hasyim, Adelina. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan Di Sekolah. Bandar Lampung: Media akademi.
Ikram, Muhammad, Universitas Cokroaminoto Palopo, Sulawesi Selatan, Translasi Antar Representasi, and Laju Perubahan. 2021. “3737-279-22318-1-10-20230403.” 2(1):147–60.
Julian, Riana. “Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah” (2019).
Kencanawaty, Gita, and Ari Irawan. 2020. “Penerapan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Berbasis Budaya.” Linear: Journal Of Mathematics Education 27(2):169–75.
Kurino, Yeni Dwi. 2018. “Problem Solving Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 4(1). doi: 10.31949/jcp.v4i1.706.
Mawaddah, Majdiyah, and Rizki Dwi Siswanto. “Development of E-Worksheet To Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability: Pengembangan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik.” Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7, no. 2 (August 14, 2022).
Puriasih, Luh Putu, and Ni Wayan Rati. “E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Solving pada Materi Skala dan Perbandingan Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 5, no. 2 (July 26, 2022).
Rahayu, Ira Fitria, and Indrie Noor Aini. “Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP” (n.d.).
Surani, Dewi. “Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0” 2 (2019).
Zenhendri Zen Syafri, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. (Depok: Kencana, 2017)