PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7635Keywords:
SPLDV, E-LKPD Matematika, Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian pengembangan bahan ajar E-LKPD berbasis pendekatan pemecahan masalah (problem solving) dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang belum maksimal dan masih belum ada inovasi di SMPN 1 Rumbia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar E-LKPD berbasis pendekatan pemecahan masalah (problem solving) guna memenuhi kebutuhan produktivitas belajar. Adapun kualitas produk pengembangan harus memenuhi kriteria yang ditinjau dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg & Gall meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan yaitu angket penilaian oleh ahli materi dan ahli media dan angket kepraktisan respon peserta didik. Skor penilaian oleh ahli materi yaitu 176 dengan nilai rata-rata 4,38 termasuk dalam kategori “Sangat Setuju”. Skor validasi ahli media yaitu 135 dengan nilai rata-rata 3,89 termasuk dalam kriteria “Setuju”. Hasil respon peserta didik mendapat respon positif dari pengisian angket respon peserta didik dengan nilai persentase sebesar 92% termasuk dalam kriteria “Sangat Praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis pendekatan pemecahan masalah (problem solving) materi sistem persamaan linier dua variabel yang telah dikembangkan layak dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran matematika.