PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIMPUNAN
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7229Keywords:
Pengembangan, LKPD, Kontekstual, HimpunanAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yaitu buku paket yang menjadi satu-satunya sumber bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran dan juga buku paket yang digunakan gambar-gambarnya kurang familiar membuat peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi himpunan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi himpunan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall dengan melalui beberapa tahapan yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Uji coba produk dilakukan sebanyak satu kali dengan subjek uji coba dalam penelitian ini adalah adalah 26 peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Batanghari. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Hasil penilaian menunjukan penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 74% dengan kriteria “Sangat Valid”, untuk hasil dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 89% dengan kriteria” Valid”. Setelah divalidasi kemudian produk diujicobakan mengetahui respon peserta didik. Hasil dari respon peserta didik mendapat persentase sebesar 88% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehingga dapat dikatakan bahwa LKPD matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi himpunan yang dikembangkan oleh penulis layak digunakan.
References
Alfiana, L., & Rachmani Dewi, N. (2021). Kajian Teori: LKPD Berbasis Kontekstual pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, 4, 275–281.
Alosius Ama Tondo, A., Pramudita Irianti, N., & Setiawan, R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bilangan Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(1), 118.
Amanah, A., Zulkarnain, I., & Kamaliyah, K. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Aritmetika Sosial. JURMADIKTA, 2(2), 2.
Anggraini, L., Refianti, R., & Adha, I. (2021). Pengembangan Media Adobe Flash Berbasis Konteks Lubuklinggau Ditinjau Dari Segi Kevalidan. Journal of Mathematics Science and Education, 3(2), 84.
Azmarita, T., Helmi, H., & Azis, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Luar Kelas Berbasis Kontekstual untuk Memingkatkan Literasi Sains XI MIPA SMAN 8 Maros. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 15(1).
Cahyo Putro, P., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 132.
Feriandi, Y., & Indrakusuma Haris, and A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X. Jurnal of Computer and Information Tecnology, 3(1), 7.
Fransisca, S., & Noratama Putri, R. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(1), 73.
Hodiyanto, H., Yudi, D., & R S Putra, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 323–324.
Indra Sukma, K., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1021.
Maryanti, I., ’Afifah, N., Saleh Nasution, I., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mengalami Interaksi Komunikasi Dan Refleksi(MIKIR). Jurnal Basicedu, 5(6), 6385.
Pratama, Y., Caswita, C., & Syarifuddin. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2), 78.
Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 63.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 2–3.
Riestyan Rachmantika, A., & Wardono, W. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Jurnal Unnes, 2, 438.
Sarni, E., Helminsyah, H., & Junita, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus air Kelas V SDN 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).
Sugiyanto, Y., Hasibuan, M. H. E., & Anggereni, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur. Edu Sains, 7(1), 24.
Sugiyanto, Y., Hasibuan, M. H. E., & Anggereni, E. (2020). Pengembangan Media Smart Trigo Untuk Pembelajaran Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 940.
Suhandi, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131.
Yetti, Y., & Afriyani, A. (2021). Validasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Di Kelas VIII SMP. Jurnal Pembelajaran MIPA, 2(1), 36.