PROSES MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF TIPE FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Authors

  • Chaerani Reza Puspita Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Fertilia Ikashaum Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Fitria Lestari Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.5643

Keywords:

Proses Berpikir, Gaya Kognitif, Pemecahan Masalah

Abstract

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses berpikir siswa dengan gaya kognitif tipe field dependent dalam pemecahan masalah matematika, (2) proses berpikir siswa kelas dengan gaya kognitif tipe field independent dalam pemecahan masalah matematika. Subjek dalam penelitian adalah 4 siswa, dengan 2 siswa tergolong tipe field independent dan 2 siswa tergolong tipe field dependent. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan wawancara yang dilakukan pada subjek yang telah terpilih. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 2 subjek dari kelompok gaya kognitif field independent dan 2 subjek dari kelompok gaya kognitif field dependent tergolong pada tipe proses berpikir semikonseptual. Subjek yang terpilih memenuhi indikator pada proses berpikir semikonseptual yaitu tipe berpikir siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dengan menggunakan konsep yang telah dipelajari namun tidak sepenuhnya lengkap.

References

Asriyanto, Doni. 2018. “Analisis Epistemic Cognition Peserta Didik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Feld Independent Dan Field Dependent.” uin raden intan lampung.
Astutiani, Risma, and Isti Hidayah. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya.”
Djalil, Masriyah, and Umi Hanifah. 2018. “Number Sense Siswa Smp Ditinjau Dari Gaya Kognitif,” no. February: 38.
Fitria, Maulida, Suesthi Rahayuningsih, and Ulil Nurul Imanah. 2019. “Deskripsi Disposisi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent,” 1–17.
Gasong, Dina. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Hamid B, Abdul. 2019. “Urgensi Menciptakan Pembelajaran Yang Berkualitas Bagi Seorang Guru” 3 (2).
Khair, Ade Musliha Nawaul. 2017. “Analisis Proses Berpikir Dalam Pemecahan Masalah Dengan Kategori Menurut Polattsek Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Siswa Kelas VII.” universitas islam negeri raden intan lampung.
Mantiri, Jeane. 2019. “Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara” 3 (1): 20–26.
Maulidya, Anita. 2018. “Berpikir Dan Problem Solving,” 11–29.
Purba, Dianti, and Roslian Lubis. 2021. “Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah” 4 (1): 25–31.
Rifqiyana, L, and B E Susilo. 2016. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Dengan Pembelajaran Model 4k Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa” 5 (1).
Sastrawan, Ketut Bali, Sekolah Tinggi, Agama Hindu, Negeri Mpu, and Kuturan Singaraja. 2019. “Peningkatan Mutu Pendidikan” 5.
Sepriyanti, Nana, Zulvia Trinova, Andi Susanto, and Ridhatul Mahmuda. 2020. “Problem-Solving Ability In Two-Variable Linear Equation System ( SPLDV )” 9 (1): 51–65.
Simanjuntak, Jonathan, S Pd, Maria Isadora Simangunsong, S Pd, S Pd, Tutiarny Naibaho, and M Pd. 2021. “Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi” 02 (02): 32–39.
Umainah, Siti Para, and Rina Dwi Setyowati. 2020. “Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient,” no. 2018: 104–11.

Downloads

Published

2022-11-28