PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM MENGGUNAKAN EDPUZZLE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v3i1.4827Keywords:
Pembelajaran Matematika, Nilai-Nilai Islam, Edpuzzle, Minat Belajar MatematikaAbstract
Rata-rata minat belajar matematika siswa pada salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kudus ketika mengikuti pembelajaran matematika memperlihatkan bahwa masih banyak siswa yang memiliki minat rendah terhadap pelajaran matematika, sehingga menyebabkan rata-rata hasil belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran matematika masih belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai islam pada materi relasi dan fungsi kelas VIII menggunakan Edpuzzle. Adapun metode penelitian pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui kuesioner, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposivesampling,dalam penelitian ini subjek penelitiannnya adalah siswa kelas VIII pada salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kudus yang berjumlah 21 orang. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan Edpuzzle berdasarkan hasil dari jawaban siswa kelas VIII pada salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kudus ada pada kategori minat sedang. Terpenuhinya semua indikator minat belajar siswa menjadi penentu bagaimana minat belajar siswa setelah menggunakan Edpuzzle sebagai media pembelajaran matematika, baik itu indikator perasaan senang, indikator perhatian, indikator ketertarikan serta indikator keterlibatan.Dapat disimpulkan bahwa Edpuzzle dapat menjadi alternatif media pembelajaran pada pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan nilai-nilai islam untuk menumbuhkan minat belajar siswa.
References
Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., ... & Robinson, B. (1982). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59-59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059.
Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Rozak, A., & Albantani, A. M. (2018). Desain perkuliahan bahasa arab melalui google classroom. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 83-102.
Silverajah, V. G., & Govindaraj, A. (2018). The use of Edpuzzle to support low-achiever's development of self-regulated learning and their learning of chemistry. Proceedings of the 10th International Conference on Education Technology and Computers (pp. 259-263). https://doi.org/10.1145/3290511.3290582.
Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya meningkatkan minat belajar matematika menggunakan inquiry based learning setting group investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150-161. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8404.
Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi edpuzzle berbantuan whatsapp group sebagai alternatif pembelajaran daring pada era pandemi. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 67-72.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.