Penjabaran Nilai-Nilai Pluralisme Perspektif Nurcholish Madjid dalam Konteks Pendidikan Islam Multikultural

  • Thoriq Aziz Jayana IAIN Madura
  • Siswanto Siswanto IAIN Madura

Abstract

pendidikan Islam berbasis plural-multikultural menjadi sangat urgen pelaksanaannya untuk mengimbangi realitas kemajemukan. Nurcholish Madjid merupakan salah satu tokoh yang sangat gencar menyuarakan gagasan pluralisme, namun demikian dibutuhkan pembacaan/analisis yang kuat dalam menjabarkan gagasannya. Penelitian ini termasuk kajian pustaka dengan metode analisis isi dengan berhaluan hermeneutika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gagasan pluralisme Nurcholish dapat dijabarkan dalam tujuh tema utama yakni tema toleransi, demokrasi, keadilan, kemanusiaan, kesamaan derajat, persaudaraan, dan kearifan budaya lokal dengan kekhasan masing-masing. Teman-tema tersebut sangat penting diimplementasikan dalam pendidikan Islam untuk menciptakan pendidikan Islam yang berbasis multikultural.

References

Al-Dimasyqy, Ibnu Katsir. Al-Bidayah wa al-Nihayah. Vol. 3. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah. 2001.
Asy’ari, Abdurrohman Al. “Rekonseptualisasi Pendidikan Multikultural di Indoensia”. Jurnal Al-Qalam 19, no. 2 (2018). https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/519.
Barton, Greg. Gagasan Islam Liberal di Indonesia. Terjm. Nanang Tahqiq. Jakarta: Paramadina. 1995.
Dewantara, Agustinus Wisnu. “Multikulturalisme Indonesia: Studi Perbandingan Antara Konsep Madani Nurcholish Madjid dan Konsep Civil Society”. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 17, no. 9 (2017). https://doi.org/10.34150/jpak.v17i9.43
Efendi, Irfan. “Pluralisme dalam Pendidikan Islam: Studi Pemikiran Prof. Dr. Nurcholish Madjid”. Progresiva 7 no. 2 (2018). https://doi.org/10.22219/progresiva.v7i2.13976
Hisyam, Muhammad Ibn. Al-Sirah al-Nabawiyyah. Juz 2. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Arabi. 1990.
Hitti, Philip K. History of The Arabs. London: Macmillan Education. 1970.
Huda, Syamsul., Muhammad, Devy Habibi., Susandi, Ari. “Konsep Pendidikan Islam Multikultural dalam Pandangan KH. Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid”. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 no. 2 (2022). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3983
Madjid, Nurcholish. Karya Lengkap Nurcholish Madjid. Jakarta: NCMS. 2019.
Mu’ti, Abdul. Toleransi yang Otentik: Menghadirkan Nilai Kemanusiaan dan Keterbukaan dalam Beragama, Berpolitik, dan Peradaban Global. Jakarta: Al-Wasat Publishing. 2019.
Muslim, Ahmad Buchori. “Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Pendidikan Multikultural Perspektif Islam”. Jiebar: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.231
Nafis, Muhammad Wahyuni., Rifki, Achmad [ed]. Kesaksian Intelektual: Mengiringi Kepergian Sang Guru Bangsa. Jakarta: Paramadina. 2005.
Nurcahyono, Hadi. “Pendidikan Multikultural di Idonesia: Analisis Sinkronis dan Diakronis”. Habitus 2 no. 1 (2018). https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20404
Nurcholis, Dani. Transformasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Pasuruan: Abimanyu. 2019.
Rachman, Budhy Munawar [ed]. Membela Kebebasan Beragama: Percakapan tentang Sekularisme, Liberalisme, dan Pluralisme (Buku 3). Jakarta: Democracy Projec. 2011.
Rachman, Budhy Munawar. Ensiklopedi Nurcholish Madjid. Jilid I. Jakarta: Democracy Project. 2011.
Rachman, Budhy Munawar. Membaca Nurcholish Madjid. Jakarta: Democracy Project. 2011.
Rahardjo, Mudjia. Dasar-Dasar Hermeneutika: Antara Intensionalisme dan Gadamerian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2008.
Rahman, Fazlur. Islam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intelektual. Terjm. Ahsin Mohammad. Bandung: Pustaka. 1995.
Rosyada, Dede. “Pendidikan Multikultural di Indonesia: Sebuah Pandangan Konsepsional”. Sosio Didaktika 1 no. 1 (2014). https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200
Rosyidi, Akh. “Pendidikan Multikultural Pemikiran Nurcholish Madjid”, Subulana 3 no. 1 (2020). https://doi.org/10.47731/subulana.v3i1.39
Saputra, Rangga Eka. Api dalam Sekam: Keberagaman Generasi Z. Jakarta: PPIM UIN Syraif Hidayatullah. 2018.
Saputra, Rangga Eka., Tim Peneliti. Sikap dan Perilaku Keberagamaan Guru dan Dosen Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PPIM UIN Syraif Hidayatullah. 2018.
Setiawan, Johan. “Pemikiran Nurcholish Madjid Tentang Pluralisme Agama dalam Konteks Keindonesiaan”. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 5, no. 1 (2019). http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v5i1.1335
Suryadi. “Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Pemikiran Tentang Pluralisme dan Liberalisme Agama”. Manthiq 2, no. 1 (2017). http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v2i1.426
Susanto, Edi. “Multikulturalisme Pendidikan Agama Islam: Telaah atas Pemikiran Nurcholish Madjid”. Tadris 2 no. 2 (2007). https://doi.org/10.19105/tjpi.v2i2.214
Susanto, Edi. Pemikiran Nurcholish Madjid tentang Pendidikan Agama Islam Multikultural Pluralistik: Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Disertasi. IAIN Sunan Ampel. Surabaya. 2011.
Wahyudi, Apri., Elhefni. “Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia”. Elementary 3, (2017). https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.800
Watt, W. Montgomery. Muhammad: Prophet and Statemen. New York: Oxford University. 1964.
Published
2022-06-27
How to Cite
JAYANA, Thoriq Aziz; SISWANTO, Siswanto. Penjabaran Nilai-Nilai Pluralisme Perspektif Nurcholish Madjid dalam Konteks Pendidikan Islam Multikultural. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-14, june 2022. ISSN 2579-325X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/4864>. Date accessed: 15 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i1.4864.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.