Problematika Implementasi Zona Integritas Menuju PTKIN Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih Birokrasi Melayani (WBBM) Studi pada empat PTKIN di Area Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel)

  • Buyung Syukron Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Pertama, komitmen adalah janji pada diri sendiri dan pada pihak lain untuk melaksanakan fungsi, tugas, dan kewenangan sesuai yang dibebankan pada seorang pimpinan dengan penuh tanggung jawab. Intinya, seorang yang memiliki komitmen merupakan orang yang siap untuk melakukan hak dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab (haftung). Dengan begitu, ia akan berbuat sesuai dengan apa yang diucapkannya. "Cakap serupa bikin", kata warga negara seberang. Kedua, komitmen harus dimaknai dan predikat yang diberikan kepada pimpinan dan jajarannya yang berkomitmen untuk mewujudkan reformasi birokrasi, yaitu akan memberikan pelayanan publik secara optimal, bebas dari pungli dan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

References

Agus Dwiyanto, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Gajah Mada Yogyakarta: University Press, 2005,

Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2011.

Arinta Fitriani Agnes, Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (Studi Pembangunan Zona Integritas BPMPPT Kabupaten Lampung Tengah), digilib.unila.ac.id.

Bagong Suyanto, Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan, Jakarta: Prenada Media, 2005

Budi Setiyono, Pemerintahan dan Manajemen Sektor Publik, Jakarta : Center of Academic Publishing Service, 2014

Desti Eka Rahmawati, Evaluasi Integritas Pelayanan Publik Menuju Wilayah Bebas Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Di PTSP Kota Metro, digilib.unila.ac.id.

Jeremy Pope. Strategi Memberantas Korupsi. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2003

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2013
Published
2021-01-29
How to Cite
SYUKRON, Buyung. Problematika Implementasi Zona Integritas Menuju PTKIN Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih Birokrasi Melayani (WBBM) Studi pada empat PTKIN di Area Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel). Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2021. ISSN 2579-325X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/2269>. Date accessed: 20 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i2.2269.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.