Analisi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Konveksi (Studi pada Abu Bakar Konveksi Metro)
DOI:
https://doi.org/10.32332/tapis.v6i2.6649Abstract
Industri pakaian merupakan industri yang sangat menjanjikan dan syarat akan keuntungan seiring dengan maraknya trend atau mode pakaian di masyarakat. Berangkat dari hal tersebut, dewasa ini didapati usaha-usaha kecil menengah yang memproduksi pakaian (konveksi) sehingga menimbulkan besarnya persaingan pasar. Hal ini mengakibatkan banyaknya usaha konveksi yang tidak mampu berkembang atau bahkan mengalami kemunduran. Namun dibalik tingginya persaingan pasar tersebut, masih terdapat banyak usaha konveksi yang tetap mampu menjaga eksistensinya atau bahkan berkembang, salah satunya yaitu usaha Abu Bakar Konveksi. Berangkat dari hal tersebut, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha Abu Bakar Konveksi. Menurut Hendro, terdapat 8 faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan usaha yaitu faktor peluang, sumber daya manusia, keuangan dan administrasi, organisasi, perencanaan, pengelolaan usaha, pemasaran dan penjualan, serta bantuan pemerintah.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil/temuan dilapangan, dapat peneliti simpulkan bahwa ada 6 faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha Abu Bakar Konveksi, yaitu faktor peluang, sumber daya manusia, organisasi, perencanaan, pengelolaan usaha, serta pemasaran dan penjualan.
Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengambil kebijakan bagi pemilik usaha Abu Bakar Konveksi untuk meningkatkan perkembangan usahanya dan dapat pula dijadikan sebagai pembelajaran bagi para calon wirausaha khususnya dalam bidang konveksi.
References
Dedi Mulyana. Metodologi Penenlitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Hendro. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga, 2011.
Imam Abdurrouf Al-Munawi. Faidhul Qodir Syarah Jami’us Ash-Shoghir. Kedua. Lebanon: Darul Ma’rifah, 1972.
Kristiningsih, dan Adrianto Trimarjono. “Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Menengah.” The 7th NCFB and Doctoral Colloquium, 2014.
Moleong. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.