AKTUALISASI KONSEP SAKINAH MAWADAH WARAHMAH PADA KELUARGA MUSLIM DI KOTA METRO

  • firmansyah . Institut Aagama Islam Negeri Metro

Abstract

Keluarga sakinah mawadah warahmah merupakan konsep keluarga ideal dalam Islam, yakni keluarga yang dibina atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi hajat spiritual dan material secara layak dan seimbang. Namun demikian, kehadirannya tidak datang begitu saja. Salah satu syarat untuk mewujudkannya yakni hati harus disiapkan dengan kesabaran dan ketakwaan. Berbagai rintangan harus dilewati oleh pasangan suami istri, salah satunya yaitu konflik rumah tangga yang berakibat pada perceraian. Berdasarkan survey yang Peneliti lakukan di Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro, terdapat beberapa keluarga yang mencirikan keluarga sakinah mawadah warahmah. Padahal dari segi kemampuan materi, keluarga tersebut masih terbilang sederhana. Namun hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi mereka dalam mencapai keluarga sakinah mawadah warahmah.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi konsep keluarga sakinah mawadah warahmah di Kelurahan Yosorejo. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (fied researcah). Data terdiri dari dua jenis, yakni: data primer berupa hasil wawancara di masyarakat; dan data sekunder berupa buku, artike jurnal, dan skripsi tentang aktualisasi keluarga sakinah mawadah warahmah. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi serta dianalisis dengan metode analisis induktif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pemahaman masyarakat Yosorejo mengenai sakinah mawadah warahmah sudah cukup baik. Pemahaman mereka sudah mengarah pada keluarga ideal yang mampu menjaga kedamaian, dan memiliki cinta dan kasih sayang. Sedangkan aktualisasinya dilakukan melalui empat cara, yakni: menjaga kualitas ibadah keluarga; menanamkan akhlak terpuji kepada anak;saling memotivasi antar anggota keluarga; dan menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan syariat Islam.

References

Abi Muhlisin. Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2012.
Amirah Mawarid. “Pendidikan Pra Nikah Iktiar Membentuk Keluarga Sakinah” Vol. 2, No. 2 (t.t.).
Asad. “Membangun Keluarga Sakinah.” Jurnal Tazkia, No. 2 (2018): 3.
Asman. “Keluarga Sakinah Dalam Kajian Hukum Islam” Vol. 7, No. 2 (2020): 105.
Diah Auliani dan Aida Arini. “Hubungan Antara Kualitas Ibadah Shalat Dengan Keharmonisan Keluarga.” Al-Misbah: Jurnal Islamic Studies Vol. 7, No. 2 (Oktober 2019): 56.
Dwi Runjani Juwit. “Konsep Sakinah Mawadah Warahmah Menurut Islam” Vol. 4, No. 2 (Desember 2017): 205.
Henderi Kusmidi. “Konsep Sakinah, Mawaddah dan Rahmah dalam Pernikahan.” El-Afkar Vol. 7, No. 2 (Juli 2018): 70.
Jamal Abdur Rahman. Jamaal Abdur Rahman, Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2005.
Karmawan, H., Supriadi, dan Donatianus. “Peranan Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi di SD Negeri 22 Mengkudu Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas).” Jurnal Tesis PMIS-UNTAN 1, no. 1 (2012).
M. Quraish Shihab. Pengantin Al-Qur’an: Kalung Permata Buat Anak-Anakku. Jakarta: Lentera, 2007.
M. Sahli. Menuju Rumah Tangga Harmonis. Pekalongan: TB Bahagia, 2004.
Maryani. “Implementasi Syariat Islam Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Masyarakat di Kecamatan Danau Teluk Seberang Kota Jambi).” Al-Risalah: Jurnal Kajian Hukum Islam dan Sosial Kemasyarakatan Vol. 11, No. 1 (Juni 2021): 70.
Miranti, Asih. “Faktor-faktor Pembentuk Kebahagiaan Dalam Keluarga (Konteks Budaya Jawa dan Pengaruh Islam).” Naskah Publikasi, Univeritas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
Mufidah. Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender. Yogyakarta: UIN Malang, 2008.
Salman Usaid Al-Humaidi. “Salman Usaid Al-Humaidi, “Peran Majelis Taklim Al-Ummahat Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Di Kelurahan Tuah Karya Pekanbaru.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2016.
Siti Chadijah. “Karakteristik Keluarga Sakinah Dalam Islam” Vol. 14, No. 1 (Maret 2018).
Sofyan Basir. “Membangun Keluarga Sakinah.” Al-Irsyad Al-Nafis Vol. 6, No. 2 (2019): 103.
Published
2022-06-24
How to Cite
., firmansyah. AKTUALISASI KONSEP SAKINAH MAWADAH WARAHMAH PADA KELUARGA MUSLIM DI KOTA METRO. Syakhshiyyah Jurnal Hukum Keluarga Islam, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 90-106, june 2022. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/syakhsiyah/article/view/5125>. Date accessed: 29 nov. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.