SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

  • Abrohul Isnaini Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

Abstract

Tulisan ini menyajikan tentang Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan Islam merupakan proses pembentukan manusia ke arah yang dicita-citakan Islam, termasuk Indonesia yang merupakan mayoritas penduduknya penganut agama Islam. Indonesia dengan berbagai keragaman yang dimiliki serta berbagai potensi bisa meningkatkan kualitas pendidikan, namun tak bisa dipungkiri juga bisa hanyut dalam suasana dengan keragaman tersebut, tak jarang hal tersebut menjadi sumber konflik antara sesama. Melihat realita pada saat sekarang, yakni semakin kendurnya nilai-nilai keIslaman dan adat ketimuran yang sebenarnya menjadi jati diri dari Negara kita ini,merupakan sebuah bukti konkrit gagalnya Pendidikan Islam sebagai sistem pendidikan nasional. Jika ditelaah lebih dalam lagi terdapat beberapa problematika yang sangat perlu kiranya untuk ditanggulangi. Untuk menanggulangi problematika tersebut Negara kemudian memberi ruang kepada Pendidikan Islam dengan menetapkan didalam Undang Undang Sitem Pendidikan Nasional bahwasannya Pendidikan Islam memiliki wewenang yang lebih luas untuk berkontribusi dalam mengarahkan manusia kearah yang dicita-citakan.

References

Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam,Bandung: PT Remaja Rosdakarya,1992

Amien Rais M., Cakrawala Islam: Antara Cita dan Fakta, Bandung: Mizan, 1989

Haidar Putra Daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group,2007

Koordinasi Da’wah Islam (KODI) ,DKI Jakarta: Pedoman Majelis Ta’lim, 1990

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994

Muhammad Aulia Rahman, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: PT.Intermasa, 2002

Muhammad Thalib, 20 Kerangka Pokok Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ma’alimul Usroh, 2001

Muhammad Tholchah Hasan, Islam dalam Perspektif Sosial Budaya, Jakarta:Galasa Nusantara, 1987

Ramayulis. Ilmu pendidikan islam.Jakarta :kalam mulia,2007

Redja Mudyharjo. Pengantar Pendidikan, Jakarta :PT.Raja Grafindo Persada, 2001
Published
2022-07-02
How to Cite
ISNAINI, Abrohul. SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Riayah : Jurnal Sosial dan Keagamaan, [S.l.], v. 7, n. 01, p. 107-116, july 2022. ISSN 2548-6446. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/5190>. Date accessed: 29 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/riayah.v7i01.5190.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.