Publication Ethic

Jurnal Nizham adalah Jurnal Studi Ke-Islaman diterbitkan oleh Program Pascasarjana Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung. Naskah yang diterima yaitu karya tulis yang merupakan hasil penelitian atau hasil pemikiran (konseptual) yang terkait dengan Studi ke-islaman dalam berbagai multidisiplin seperti; Hukum, Ekonomi, Politik, Sosial dan Budaya yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Jurnal Nizham menerbitkan naskah Islam dan isu-isu terkait, mencakup sejarah, studi Quran, Tafsir, tradisi, pendidikan, dakwah, politik, sufisme, filsafat, manuskrip Islam, lingkungan hidup dan keuangan Islam, gerakan sosial, ritual dan filantropi.

Nizham bertujuan untuk mempromosikan penelitian kontemporer dalam studi Islam, studi kawasan (terutama Asia Tenggara dan Timur Tengah), ilmu sosial, dan humaniora. Ditujukan kepada para pembaca regional dan global, Nizham diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember). Sebagai jurnal Indonesia peer-review, kami menyambut karya ilmiah tentang studi Islam yang ditulis dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Silahkan kirim naskah melalui register ojs atau e-mail: pascasarjanaiainmetro@gmail.com

Tanggung Jawab Editor

  1. Nizham : Jurnal Studi Keislaman  bertanggungjawab di dalam memutuskan artikel yang layak dipublikasikan. Editor dikawal oleh kebijakan dewan editorial Nizham : Jurnal Studi Keislaman. Editor juga dibatasi oleh hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, serta plagiarisme.
  2. Dalam proses review Nizham : Jurnal Studi Keislaman  dan pengambilan keputusan publikasi artikel, tim editor berpegang teguh untuk tidak membedakan jabatan, ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, orientasi seksual, maupun ideologi politik penulis.
  3. Editor dan tim editorial dilarang keras membocorkan informasi tentang naskah atau artikel yang masuk selain kepada penulis , reviewer , penasihat lain yang berada dalam dewan editorial, ataupun  penerbit.
  4. Naskah yang tidak diterbitkan setelah diajukan tidak diperkenankan untuk digunakan oleh penelitian editor tanpa minta izin tertulis dari penulis. Segala informasi yang diperoleh dari reviewer tidak akan digunakan untuk kepentingan pribadi editor.
  5. Editor harus bersikap adil dan bebas dari pertimbangan yang bias komersial ketika memberikan keputusan sesuai proses peer-review.

Tanggung Jawab Reviewer

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah atau artikel yang masuk

  1. Reviewer harus memandang setiap naskah yang masuk merupakan dokumen rahasia, sehingga tidak diperkenankan mendiskusikan dengan pihak lain kecuali seizin editor.
  2. Reviewer bertanggungjawab penuh dengan rekomendasi arikel yang akan direview
  3. Review  naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  4. Reviewer bertanggungjawab juga terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview.
  5. Reviewer mempunyai komitmen dan bekerja keras untuk mengusahakan peningkatan mutu proses maupun produk hasil reviewnya
  6. Reviewer dapat menyadiakan waktu khusus untuk kegiatan review
  7. Reviewer menjaga kerahasiaan informasi tentang proses review dan informasi tersebut tidak untuk keuntungan pribadi.

 Tanggung Jawab Penulis

  1. Penulis harus memberikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, sistematis, terstruktur, jujur, dan bebas dari plagiasi ataupun manipulasi data.
  2. Penulis bertanggung jawab terhadap segala konfirmasi yang diakibatkan oleh artikel yang ditulisnya.
  3. Penulis harus mengikuti peraturan publikasi karya ilmiah yaitu orisinalitas karya, bebas plagiasi, serta belum pernah diterbitkan di jurnal atau di media publikasi lain.
  4. Penulis wajib menyampaikan rujukan dari pendapat ataupun karya orang lain yang dikutip
  5. Penulis wajib menulis naskah atau artikel secara etis, jujur, dan bertanggung jawab, sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirimkan atau menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau media publikasi. Mengajukan naskah yang sama pada lebih dari satu jurnal atau media publikasi merupakan perilaku tidak etis dalam publikasi karya ilmiah dan tidak dibenarkan.
  7. Penulis bertanggung jawab apabila menemukan kesalahan yang signifikan dalam naskahnya sendiri yang telah diterbitkan, itu adalah kewajiban penulis untuk segera memberi informasi kepada editor jurnal atau penerbit. Penulis kemudian bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah.

  Tanggung Jawab Penerbit (Publisher)

  1. Nizham : Jurnal Studi Keislaman  merupakan terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana IAN Metro sebagai penerbit jurnal Studi Keislaman bertanggungjawab menerbitkan artikel yang telah melalui tahap editing, peer review, dan layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiaha yang berlaku.
  2. Nizham : Jurnal Studi Keislaman bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan bidangnya masing-masing.
  3. Nizham : Jurnal Studi Keislaman bertanggungjawab menjaga privasi serta melindungi kekayaan intelektual, hak cipta, dan kebebasan editorial.