LITERASI MODERASI BERAGAMA SEBAGAI REAKTUALISASI “JIHAD MILENIAL” ERA 4.0

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Novita Kurniasih Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Pada ruang-ruang digital yang dikendalikan kecepatan elektronika, eksistensi manusia berubah dari sebuah bentuk tubuh yang bergerak dalam sebuah ruangan, berubah menjadi sebuah bentuk tubuh diam di tempatnya serta hanya mampu menyerap semua informasi yang ada melalui simulasi elektronik.  Tidak jarang ruang-ruang digital tersebut diisi dengan berbagai muatan yang menyulut konflik dan menghidupkan perpecahan. Pemaknaan jihad yang luas melahirkan “jihad milenial” sebagai upaya dalam kontekstualisasi makna jihad yang tidak homogen dan tunggal, akan tetapi dapat fleksibel, lentur sesuai dengan konteks zamannya. Kajian ini akan mendedah bagaimana literasi moderasi beragama di era 4.0 yang memanfaatkan kemajuan pengetahuan dan teknologi informasi diharapkan dapat menjadi salah satu upaya “jihad milenial” dalam menyebarkan wajah Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Kajian ini adalah bentuk penelitian kualitatif yang menggunakan studi kepustakaan atau library research sebagai pendekatannya. Sumber penelitian yang digunakan didapatkan dari berbagai sumber ilmiah yaitu buku, artikel jurnal, serta berbagai sumber lainnya yang berhubungan dengan kajian penelitian. Selanjutnya dengan teknik analisis data berupa deskriptif-analitik, peneliti akan melakukan analisis terhadap data-data yang ditemuinya sebelum menyajikannya kepada pembaca di tengah-tengah masyarakat multikultural. 


Keyword: Literasi, Moderasi Beragama, Jihad Milenial, Era 4.0

Author Biography

Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro

Dedi Wahyudi, M.Pd.I adalah seorang Dosen Metodologi Studi Islam di Institut Agama Islam Negeri Metro dengan NIP 199101032015031003. Dedi Wahyudi, M.Pd.I dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Dia mengawali pendidikannya di SD Negeri 4 Kedawung, SMP Negeri 3 Kebumen, dan SMA Negeri 2 Kebumen. Dia juga nyantri di Pondok Pesantren Miftahul Anwar Pekeyongan, Podoluhur, Klirong, Kebumen. Setelah menyelesaikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2011) dengan predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode 1 tahun ajaran 2011-2012, dia melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan kembali meraih predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode III tahun ajaran 2013-2014 dengan IPK 3,94. Pengalaman mengajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman sejak 2012 hingga 2014. Dia juga sebagai penulis di berbagai media massa seperti Suara Merdeka, Lampung Post, Metro Riau, dan lainnya. Dia pernah mendapatkan beasiswa dari PT Djarum dan Kementerian Agama RI. Sekarang, penulis sebagai Dosen Tetap di IAIN Metro sekaligus sebagai Pengelola Jurnal LP2M IAIN Metro. Penulis aktif di www.podoluhur.blogspot.com Konsentrasi kajiannya adalah studi Islam, ilmu pendidikan, media pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sejarah Islam. Dia mempunyai seorang istri bernama Nuryah, M.Pd.I seorang Dosen Luar Biasa di Institut Agama Islam Negeri Metro dan dikaruniai seorang putri bernama Nadya Fatiha Rahma.

Published
2021-06-10
How to Cite
WAHYUDI, Dedi; KURNIASIH, Novita. LITERASI MODERASI BERAGAMA SEBAGAI REAKTUALISASI “JIHAD MILENIAL” ERA 4.0. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-20, june 2021. ISSN 2798-0731. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3287>. Date accessed: 26 oct. 2021.