PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Riska Kurniawati IAIN Metro
  • Yunita Wildaniati IAIN Metro

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Negara Nabung yang masih rendah serta guru yang hanya menggunakan model pembelajaran konvesional sehingga siswa tidak aktif dalam belajar serta suasana belajar yang monoton. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe team quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Negara Nabung. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen desain One Group Pretest Posttest. Sampel penelitiannya berjumlah 21 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bentuk essay sebanyak 10 butir. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t dan n gain ternormalisasi.


Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran team quiz berpengaruh terhadap pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 2 Negara Nabung dengan selisih hasil nilai rata-rata pretest posttest sebesar 22,76 dengan perhitungan uji t menunjukan nilai thitung = 11,057 dan ttabel = 2,02 dengan taraf signifikasi 5%. Dengan demikian bahwa thitung>ttabel yaitu 11,057>2,02. Selain itu, model pembelajaran team quiz terbukti secara efektif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini terlihat dari perolehan n gain skor sebesar dan n gain persen sebesar 76,42 sehingga dapat disimpulkan bahwa team quiz berpengaruh tinggi dan efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Negara Nabung.

References

Ali Gunawan, Muhammad. Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing, 2013
Amir. Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Logaritma, 2014
Asrul. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media, 2014

Desi Handayani, Dwi. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan”. Jurnal Progress Pendidikan Vol 1 No. 3 September 2022
Djamaludin, Ahdar. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaffah Learning Center, 2019
Fakrurohman, Muhammad. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: ARRUZ Media, 2016
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Holomoan, Jitu. Bangun Datar dan Bangun Ruang. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2021
Hudoyo, Herman. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Ibrahim. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta, 2010
Said, Muhammad. Pengaruh Strategi Team Quiz Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Ahmad Deman Kota Banjarmasin. Banjarmasin: IAIN Anatasari, 2017
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada, 2008
Siregar, Bunga. “Efektifitas Penggunaan Model Pebelajaran Team Quiz dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Syahbudin Mustafa Naui”. Jurnal Matchedu Vol. 2 No. 2, 2019
Sudjana, Nana. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013
Suharsimi dan Cepi Safruddin. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Sundayana, Rosmayana. Statiska Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014
Suprijono, Coopratif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
Published
2023-05-16
How to Cite
KURNIAWATI, Riska; WILDANIATI, Yunita. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. LINEAR: Journal of Mathematics Education, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 35-42, may 2023. ISSN 2722-760X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/linear/article/view/6868>. Date accessed: 23 june 2024. doi: https://doi.org/10.32332/linear.v4i1.6868.