ANALISIS KESULITAN DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA SISWA KELAS IV SD 1 BULUNGCANGKRING MATERI SATUAN PANJANG DAN BERAT
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v4i1.6341Keywords:
pemahaman, Newman, matematika, panjang, beratAbstract
Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi satuan panjang dan berat yang dikaji berdasarkan teori Newman, mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami soal cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek yang digunakan adalah 5 siswa kelas IV dengan permasalahan kesulitan siswa dalam memahami soal cerita materi satuan panjang dan berat. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan trianguliasi data melalui proses reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 5 siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita, sesuai dengan teori Newman, tahapan kesulitan yang dialami siswa ialah pada tahapan memahami, keterampilan proses, transformasi, dan tahapan penulisan jawaban. Penyebab peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita ialah berdasarkan dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya adalah kecerdasaran, minat, dan motivasi. Sedangkan penyebab faktor eksternal adalah kurangnya perhatian orang tua maupun guru, suasana kelas, penggunaan media pembelajaran yang tidak memadai.
References
Anggraena, Y. (2019). Pengembangan Kurikulum Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penalaran Dan Pemecahan Masalah. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 15–27. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.15-27
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Hapudin, M. S., & Wibowo, H. P. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Satuan Panjang Pada Bimbingan Belajar. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 4(Hapudin 2019), 157–164.
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and Standart for School Mathematics. Reston: The National Council of Teacher Mathematics. Inc.
Putri, D. A., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Newman Procedure pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9.
Raco, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Ratnasari. (2017). Berpikir Matematis (Matematika Untuk Semua). Procediamath, 8(1), 40–51.
Siregar, N. R. (2022). Validasi Modul “FOPS” untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 158. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4481
Unaenah, E., Ardelia, E., Ristiana, Anggestin, T., Ulfi, N., Khoiriyah, S., & Awaliah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pengukuran Panjang Di Kelas Iv. Ejournal, 2(1), 83–89.
Utari, D. R., Wadana, M. Y. S., & Damayanti, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Zakiyah, E., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV di MI Hijriyah II Palembang. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 41. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3006