PENGUJIAN MODEL REGRESI LOGISTIK PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI, DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v4i1.6301Keywords:
Lingkungan Keluarga, Motivasi, Minat, Regresi Logistik, Random SamplingAbstract
Hasil belajar sebagai tolak ukur keberhasilan dari proses pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu lingkungan keluarga (faktor eksternal), motivasi, dan minat (faktor internal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, motivasi dan minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan model regresi logistik dengan lingkungan keluarga, motivasi, dan minat sebagai variabel independen dan hasil belajar matematika sebagai variabel dependent yang terklasifikasi berdasarkan skala Likert 1 (sangat tidak baik), 2 (tidak baik), 3 (cukup baik), 4 (baik), dan 5 (sangat baik). Responden pada penelitian ini diambil dari 74 siswa di SMPN 3 Kasembon dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian dengan nilai taraf kesalahan 5% didapatkan tiga model matematik pengaruh lingkungan keluarga, motivasi, dan minat terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu:
Logit(Y2) = 12.769 + 1495x1 + 1790x2 + 1408x3
Logit(Y3) = 18.154 + 1495x1 + 1790x2 + 1408x3
Logit(Y4) = 22.817 + 1495x1 + 1790x2 + 1408x3
Berdasarkan hasil analisis, didapatkan tiga model tingkat hasil elajar matematika siswa yang terdiri dari tidak baik, cuku baik, dan baik. Hasil ini didukung nilai koefisien determinasi sebesar 69% yang menjelaskan bahwa lingkungan keluarga, motivasi, dan minat memiliki pengaruh sebesar 83% terhadap hasil belajar matematika siswa dibandingkan dengan pengaruh yang lain.
References
Armansyah. (2021). Faktor-Faktor yang Menghambat Dalam Memilih Sekolah Lanjut. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 87–98.
Bahtiar, R. Y., Asyiah, N., Rahmadhani, R., Ulinnuha, M., Arfian, & Widodo, E. (2018). Analisis Pengaruh Penggunaan Laptop Terhadap Kesehatan Mahasiswa FMIPA Universitas Islam Indonesia Dengan Regresi Logistik Ordinal. UMS, 25(02), 594–606.
Bekti, R. D., Pratiwi, N., Jatipaningrum, M. T., & Auliana, D. (2017). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Karakteristik Konsumen Dalam Memilih Minimarket Dengan Metode Regresi Logistik Dan Cart. Media Statistika, 10(2), 119. https://doi.org/10.14710/medstat.10.2.119-130
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.
Haryati. (2019). Pemikian Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Uwais Inspirasi Indonesia.
Iswandono. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Sarikarya dalam Pembelajaran Mind Mapping. Journal on Mathematics Education.
Jihad, N. H. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal on Mathematics Education.
Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA, 2, 611–615.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Etnomatnesia, 745–751.
Mendan, J. (2010). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa. Journal on Mathematics Education.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Mtivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2).
Nasrah, & Muafiah, A. (2017). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2).
Nugroho, R., & Warmi, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 2 Tirtamulya. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(2), 407–418. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3627
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2).
Rachman, F., & Purnami, S. W. (2019). Perbandingan Klasifikasi Tingkat Keganasan Breast Cancer Dengan Menggunakan Regresi Logistik Ordinal Dan Support Vector Machine ( SVM ). Jurnal Sains Dan Seni Its, 1(1), 130–135.
Rahayu, M. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Akuntansi UNESA.
Rohmah, N. (2019). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Minat Belajar Siswa SMP PGRI 1 Marga Tiga Kecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur. Journal on Mathematics Education.
Sayyidah, U., & Saifi, M. (2015). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profit Abilitas Sebagai Variabel Moderasi. Administrasi Bisnis (JAB), 46(1), 163–171.
Soleha, S., & Surur, M. (2020). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Bimingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 15–29.
Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. EDUTECNO: Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Penddidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Tyera, L., Megawati, M., & Rusli, M. (2022). Penerapan Keterampilan Proses Dasar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 112–123. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.18
Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
Wulandari, A., Faruk, F. M., Doven, F. S., & Budyanra, B. (2019). Penerapan Metode Regresi Logistik Biner Untuk Mengetahui Determinan Kesiapsiagaan Rumah Tangga Dalam Menghadapi Bencana Alam. Seminar Nasional Official Statistics, 2(1), 379–389. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2019i1.146