UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PROGRAM PENDALAMAN MATERI
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.5745Keywords:
Hasil belajar, Pendalaman materi, Kesulitan belajar matematikaAbstract
Stigma bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit sudah membudaya dikalangan siswa, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pun rendah. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, SMP Global Islamic School menerapkan program Pendalaman materi di kelas IX. Sampel penelitian yang dipilih adalah siswa kelas IX Tahun pelajaran 2022/2023. Penulis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika yaitu terlihat dari hasil tes diagnostik awal , try out 1 dan try out 2 yang terus meningkat. Dengan demikan program pendalaman materi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IX SMP Global Islamic School Jakarta.
References
https://www.trigonalmedia.com/2014/11/pengertian-matematika-menurut-para-ahli.html
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. Dari
http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/absis/article/view/1385/pdf
Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Tersedia :
https://serupa.id/metode-penelitian/
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tersedia :
https://serupa.id/metode-penelitian/
https://www.kumpulanpengertian.com/2018/07/pengertian-kuesioner-menurut-para-ahli.html
Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Tersedia :
http://www.zakymedia.com/2013/06/kajian-teori-hakikat-hasil-belajar.html
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Tersedia :
http://www.zakymedia.com/2013/06/kajian-teori-hakikat-hasil-belajar.html