MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMAN 1 WAY JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.5726Abstract
Salah satu kompetensi yang ditekankan untuk lulusan SMA dalam pembelajaran matematika adalah menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, kreatif, cermat, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. Namun kenyataannya, hasil belajar peserta didik di bidang matematika masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai Ujian Nasional dan peringkat Indonesia pada TIMSS. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada peningkatan hasil belajar pada materi Matriks di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah apakah model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan High Order Thinking peserta didik. PTK berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari hasil posttest peserta didik pada siklus II.