ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.4858Keywords:
Analisis, Kesulitan Siswa, Operasi Bentuk AljabarAbstract
Bagi pelajar menengah pertama aljabar merupakan pelajaran yang paling abstrak terlebih lagi dalam menyederhanakan soal cerita matematika sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesulitan siswa kelas VIII MTs Darun Nasyi’in dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar; (2) mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa kelas VIII MTs Darun Nasyi’in dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari analisis data diketahui kesulitan yang dialami yaitu kesulitan konsep dan prinsip aljabar. Kesulitan konsep meliputi kesulitan dalam menentukan unsur-unsur aljabar seperti variabel, konstanta, koefisien, serta kesulitan menentukan suku sejenis. Sedangkan kesulitan prinsip yaitu kesulitan dalam pengoperasian penjumlahan dan pengurangan antara bilangan positif dan negatif, kesulitan dalam menyelesaikan perkalian bentuk aljabar. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kemampuan intelektual siswa memahami konsep dan prinsip aljabar, minat, dan kesehatan. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan sosial.
References
Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelas X-MIA di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Prosiding SNMPM II, 346–359.
Cooney, T. Dynamic of Teaching Secondary School Mathematics. Boshton: Houngthon: Mifflin Company, 2017.
Dwi Kusumawati, A., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Operasi Aljabar Bagi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Salatiga. Paedagoria | FKIP UMMat, 9(1), 30. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i1.265
Heru, H. (2018). Pengembangan Multimedia Game Pembelajaran Matematika Smp. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 01. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12003
Perdana, R. D. P. (2018). Eksperimentasi Model TSTS pada Operasi Hitung Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa SMPN 1 Ngronggot. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 260. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.182
Permatasari, B. A. D., Setiawan, T. B., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Kadikma, 6(2), 119–130. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1990/1601
Regi, I. S., & Yanto, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 39–45.
Sa’adah, A., Misri, M. A., & Darwan. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika HOTS Bertipe PISA. Journal For Islamic Social Sciences, 3(1), 53–64.
Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Sugiarti, L., & Retnawati, H. (2019). Analysis of student difficulties on algebra problem solving in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012103
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
Yunita, Hartoyo, A., & Ijuddin, R. (2017). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pada bentuk aljabar di MTs. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), 1–10.