Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Hitung Pecahan

  • Restu Khofifah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ernawati Ernawati
  • St. Nur Humairah Halim

Abstract

Matematika merupakan disiplin ilmu yang tersusun secara sistematis, setiap konsep dalam matematika saling berkaitan antara satu konsep dengan konsep lain. Menurut NCTM kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh siswa sejak dini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi operasi hitung pecahan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa dari masing-masing kategori tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal, tes kemampuan koneksi matematis, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa berkemampuan tinggi dapat memenuhi ketiga aspek koneksi yaitu koneksi memodelkan, representasi, dan konsep-prosedur. Siswa dengan kategori tinggi dapat melakukan pemodelan matematika dan representasi yang baik serta menerapkan dan mengaitkan konsep dengan prosedur yang tepat. (2) Siswa kemampuan sedang dapat memenuhi aspek koneksi memodelkan, tetapi tidak memenuhi jenis koneksi representasi dan konsep-prosedur. (3) Siswa berkemampuan rendah tidak dapat memenuhi aspek koneksi memodelkan, representasi, dan konsep-prosedur.

References

Apriyono, F. (2016). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2): 159–168.
Huda, N. (2018). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Tesis. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Khismawati, H. M., Hidayati, S., & Jayanti, D. D. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Pecahan Campuran Kelas V Sekolah Dasar. 3: 148–162.
Ni'mah, A.F., Setiawani, S., &Oktavianingtyas, E. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi 2017, 4(1): 30-33.
Romli, M. (2017). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2): 145–157.
Sari, F. K., Sudirman, & Chandra, T. D. (2018). Proses Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6): 715–722.
Sujatmiko. (2018). Matematika Paket A Tingkatan II Setara SD/MI Modul Tema 1: Indahnya Berbagi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.
Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspita.
Published
2022-11-16
How to Cite
KHOFIFAH, Restu; ERNAWATI, Ernawati; HALIM, St. Nur Humairah. Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Hitung Pecahan. LINEAR: Journal of Mathematics Education, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-15, nov. 2022. ISSN 2722-760X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/4845>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.4845.