IMPLIKASI ANTARA HIGH ORDER THINKING SKILL DENGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

  • Nazira Amalia Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Di masa generasi Z saat ini, persaingan antar negara sangatlah tinggi mengharuskan adanya pembelajaran yang berkualitas untuk mengembangkan keilmuan, keahlian dan kompetensi siswa sebagai dasar dalam menghadapi tantangan pada masa generasi Z. Agar tantangan ini berhasil maka siswa harus mampu bersaing secara sehat dan menumbuhkan skill. Salah satu mata pelajaran yang dapat menumbuhkan skill adalah matematika. Keberhasilan persaingan siswa ditandai dengan meningkatnya kemampuan high order thinking skill (HOTS) dan kemampuan literasi matematika. Oleh sebab itu, tujuan dari penulisan artikel ini ingin mengaitkan antara high order thinking skill dengan kemampuan literasi matematika. Metode penulisan artikel, yaitu studi literatur.

References

Ahonen, A. K., & Kinnunen, P. (2015). How Do Students Value the Importance of Twenty-first Century Skills? Scandinavian Journal of Educational Research, 59(4), 395–412. https://doi.org/10.1080/00313831.2014.904423
Anderson, L. W., Krathwohl Peter W Airasian, D. R., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). Taxonomy for_ Assessing a Revision 0F Bl00M’S Tax0N0My 0F Educati0Nal Objectives. https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl - A taxonomy for learning teaching and assessing.pdf
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.
De Lange, J. (2006). Mathematical Literacy For Living From OECD-PISA Perspective. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 25(September), 13–35.
Dirjendikdasmen. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Ordher Thinking Skill (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.
Fadillah, & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship, 3(2), 127–131.
Fensham, P. J., & Bellocchi, A. (2013). Higher order thinking in chemistry curriculum and its assessment. Thinking Skills and Creativity, 10, 250–264. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2013.06.003
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skillsamong Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121–125. https://doi.org/10.7763/ijssh.2011.v1.20
Iskandar, D., & Senam, S. (2015). Studi Kemampuan Guru Kimia Sma Lulusan Uny Dalam Mengembangkan Soal Uas Berbasis Hots. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 65. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4533
Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742
Krathwohl, A. and. (2002). ( A REVISION OF BLOOM ’ S TAXONOMY ) Sumber. Theory into Practice, 41(4), 212–219.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Kurniawati. (2020). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 9 Nomor 3 Juni 2020 Analysis of Responsibility Character of the Fifth Grade Students At Sd Negeri 136 Pekanbaru Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah D. 9(June), 279–287.
Lestari, N., & Putri, R. I. I. (2020). Using the Palembang’s Local Context in PISA-Like Mathematics Problem for Analyze Mathematics Literacy Ability of Students. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 169–182. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.6708.169-182
Mahanal, S. (2019). Artikel Penelitian / Artikel Reviu Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51–73.
McLoughlin, C. (2000). Cognitive engagement and higher order thinking through computer conferencing: We know why but do we know how? https://litec.curtin.edu.au/events/conferences/tlf/tlf2000/mcloughlin.html
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
Newman, FM and Wehlage, G. (1993). No Title.
Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.
Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2018). Higher-order thinking skill problem on data representation in primary school: A case study. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012056
Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). SMILE’s Publishing. http://www.library.usd.ac.id/web/index.php?pilih=search&p=1&q=0000136800&go=Detail
Setiawan, H., Dafik, & Lestari, N. D. S. (2014). Soal Matematika Dalam Pisa Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, November, 244–251.
Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121
Thomas, A. dan Thorne, G. S. . (n.d.). No Title.
UNESCO. Director-General, 2009-2017 (Bokova, I. G. ). writer of preface. (2014). UNESCO. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000227146
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). To improve learning achievement. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161–171.
World Economic Forum. (2020). The future of jobs report 2020 | world economic forum. The Future of Jobs Report, October, 1163. https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2020/digest
Published
2022-06-16
How to Cite
AMALIA, Nazira. IMPLIKASI ANTARA HIGH ORDER THINKING SKILL DENGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. LINEAR: Journal of Mathematics Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 74-84, june 2022. ISSN 2722-760X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/4840>. Date accessed: 19 aug. 2022.