KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v2i2.3779Keywords:
penalaran, gaya belajar, pembelajaran onlineAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mengerjakan soal logika matematika dalam kaitannya dengan gaya belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 12 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia. Dalam penelitian ini, tes digunakan untuk menilai kemampuan penalaran soal logika matematika mahasiswa dan angket digunakan untuk mengidentifikasi jenis gaya belajar siswa, serta wawancara guna memperoleh informasi berdasarkan cara belajar yang lebih dominan pada mahasiswa. Diperoleh hasil penelitian : pertama, kemampuan mengerjakan soal logika matematika pada setiap gaya belajar berbeda. Kedua, siswa dengan gaya belajar visual cenderung memiliki tingkat penalaran konsep pada kategori sedang. Ketiga, siswa auditori cenderung memiliki tingkat penalaran konsep pada kategori sedang. Keempat, siswa kinestetik memiliki tingkat penalaran konsep pada kategori tinggi.
References
Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126
Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema Journal 3(2), 117-126.
Hasanah, S. I., Tafrilyanto, C. F., & Aini, Y. (2019). Mathematical Reasoning: The characteristics of students’ mathematical abilities in problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1188, 012057. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012057
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Pasaribu, M. H., & Listiani, T. (2021). Optimalisasi Media Pembelajaran Online Dalam Mendorong Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas Matematika [Optimization Of Online Learning Media To Encourage Students’ Active Learning In Mathematics Class]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 44. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.2855
Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15-24. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.302
Suharna, H., & Alhaddad, I. (2018). The Structure of Mathematical Reasoning in Mathematical Problems. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(8), 9.
Syofyan, H. (2018). Analisis Gaya Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 10.
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Mathema,1(1), 48-55.
Ulfa, M., & Puspaningtyas, N. D. (2020). The Effectiveness of Blended Learning Using a Learning System in Network (SPADA) In Understanding Of Mathematical Concept. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 47-60.
Ulfa, M., & Saputra, V. H. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Makromedia Flash dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Hasil Belajar Siswa. Jurnal Triple S, 2(1) 10.
Utami, Y. P., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Perkuliahan Daring Filsafat dan Sejarah Matematika. Jurnal Mathema, 3(2), 8.
Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 11.
Wulandari, H. A., Utami, C & Mariyam. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 9.
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481