EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PADA TINGKAT SMP DAN SMA DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3207Keywords:
pandemi covid-19, pembelajaran daring, media digitalAbstract
Pandemi covid-19 menyebabkan seluruh lembaga pendidikan khususnya di Indonesia menggunakan sistem pembelajaran online atau dalam jaringan (daring). Adanya gangguan dalam proses pembelajaran menyebabkan terjadinya beberapa perubahan terhadap peserta didik yang pada akhirnya berpengaruh terhadap motivasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran via online atau daring dengan menggunakan media digital selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Strategi yang digunakan dalam pembelajaran daring, (2) Kendala pembelajaran daring, (3) Media yang digunakan dalam pembelajaran daring, (4) Aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring, (5) Hasil yang didapat dari pembelajaran daring.
References
Auliya, N. M., Suyitno, A., & Asikin, M. (2020). Potensi Mobile learning Berbasis Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis pada Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. ISSN: 2686 6404
Emda, Amna. (2018). “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2: 172–182.
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189.
Husna, Raudatul.(2020) “Efektivitas Pembelajaran Turunan Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Mobile Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Numeracy 7, no. 2 (2020): 324–33.https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Khirwadkar, A., Ibrahim Khan, S., Mgombelo, J., Ratkovic, S., & Forbes, W. (2020). Reimagining Mathematics Education During the COVID-19 Pandemic. Brock Education Journal, 29(2), 42. https://doi.org/10.26522/brocked.v29i2.839
Kusumaningrum, B. & Wijayanto. Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). 7.
Mailizar, M., Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1860. https://doi.org/10.29333/ejmste/8240
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nurhayati, N., Nurhasanah, N., & Abdullah, D. (2016). Dinamika Motivasi Belajar Pada Siswa Mandiri Di Smpn 10 Banda Aceh. Jimbk: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 1(2).
Smith, Rebecca. (2021). “Flipped Learning During a Global Pandemic: Empowering Students with Choice.”
International Journal of Multidisciplinary Perspectives in Higher Education 5, no. 1 (24 Januari 2021): 100–105. https://doi.org/10.32674/jimphe.v5i1.2428.
Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9),” Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 24 Maret 2020, https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan kebijakanpendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/.