PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SALOMEKKO

  • Fitriani Fitriani Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa kelas VIII SMPN 1 Salomekko, untuk mengetahui dukungan sosial teman sebaya siswa kelas VIII SMPN 1 Salomekko, untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Salomekko,untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Salomekko, untuk mengetahu ada tidaknya pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa SMPN 1 Salomekko, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Salomekko.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi yaitu korelasi sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Salomekko tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 204 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling  yaitu berjumlah 51 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan instrumen skala dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata konsep diri siswa sebesar 58,882 berada pada kategori sedang. Rata-rata dukungan sosial teman sebaya sebesar 103,9608 berada pada kategori sedang. Rata-rata prestasi belajar matematika siswa sebesar 76,3137 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil pengujian statistik diperoleh persamaan regresi  47,103 + 0,382  + 0,061 . Adapun uji hipotesis menunjukkan F0>Ftabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Salomekko Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone sebesar 16,3%.

References

Adjani, Sagita dan Helmy Adam, Journal: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akutansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Brawijaya.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XIV; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cet. XIII; Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Bramasti, Rully. Kamus Matematika. Cet. I; Surakarta: Aksarra Sinergi Media. 2012
Chaplin. Kamus Lengkap Psikologi. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005
Dariyo, Agoes. Dasar-dasar Pedagogi Modern. Cet.I; Jakarta: Indeks, 2013
Departemen Agama RI. Mushaf al-Qur’an Terjemah. Jakarta: Al-Huda, 2005
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta. 2011.
Efendi, Kusno. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kemampuan Verbal dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta“, Fakultas Psiklogi Universitas Ahmad Dahlan.
Haling, Abdul. Belajar dan Pembelajaran. Cet. II; Makassar: Badan Penerbit UNM, 2007.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. 2009.
Manfaat, Budi. Membumikan Matematika Dari Kampus ke Kampung. Cet.I; Jakarta: Buku Kita, 2010.
Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda, 2012.

Rensi, Lucia Rini Sugiarti. Dukungan Sosial, Konsep Diri, Dan Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Fakultas Psikologi: Universitas Katholik Soegijapranata.
Ristianti, Amie. Journal : Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Identitas Diri Pada Remaja di SMA Pusaka 1 Jakarta , Fakultas Psikologi : Universitas Gunadarma.
Sukawati, Endang. “Hubungan Konsep Diri Matematika, Dukungan Otonomi Guru, dan Kecemasan Matematika dengan Prestasi Belajar”. Tesis. Semarang: Pasca Sarjana Magister Sains Psikologi, 2008.
Santrlock, John W. Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.
Santrock, John W. Remaja Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2007.
Santrrock, John W. Remaja Jilid 2. Jakarta : Erlangga, 2007.
Sudaryono. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Cet. I; Yokyakarta: Graha Ilmu, 2012.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. XVI; Bandung: Alfabeta, 2013.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Thalib, Syamsul Bachri, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2010.
Tiro, Muhammad Arif. Dasar-dasar Statistika. Cet.I; Makassar: Andira Publisher, 2008
Tiro, Muhammad Arif dan Sukarna. Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian. Cet. I; Makassar: Andira Publisher. 2012.
Tirtosimono, Ruth Nathania “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Disiplin Kuliah Dengan Prestasi Balajar Mahasiswa”. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, 2012.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar.Cet. V;Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran. Cet. 5; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Published
2020-06-21
How to Cite
FITRIANI, Fitriani. PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SALOMEKKO. LINEAR: Journal of Mathematics Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-14, june 2020. ISSN 2722-760X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/2165>. Date accessed: 21 jan. 2021.
Section
Articles