PROBLEM KONSEP KOMUNIKASI BARAT (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi)

  • Amir Reza Kusuma UNIDA GONTOR
Keywords: IslamisasiWorldview, komunikasi

Abstract

Diskurus tentang komunikasi pada saat ini menjadi hal menarik untuk dikaji. Dialog dan komunikasi bisa dilakukan melalui media, jurnalistik, perangkat -perangkat lainnya sangat masif dan cepat tersebar keberbagai penjuru dunia. Tidak sedikit dari pelaku (penyebar pesan) tersebut dalam menulis dan menyampaikan pesan memiliki teori, model dan konsep tersendiri yang terangkum dalam Ilmu Komunikasi. Namun sayangnya, tidak sedikit dari Ilmu Komunikasi yang ia pelajari dari kurikulum-kurikulum referensinya dari orang-orang yang memiliki pandangan alam (worldview) Barat sehingga hasil yang ditulis dan disampaikan memisahkan antara agama dan dunia dan lebih mementingkan diri sendiri dari pada kepentingan orang banyak (maslahah). Berangkat dari permasalahan tersebut ada beberapa  ilmuwan muslim mencoba merespon dan melakukan suatu upaya Islamisasi ilmu. Dengan mengembalikan unsur-unsur komunikasi yang sesuai dengan cara pandang Islam. Misalnya, Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Hal ini bertujuan untuk mengubah pandangan, diawali dengan informasi yang ditangkap oleh komunikan, ada perubahan pendapat, kemudian berubah sikap, dan akhirnya berubah prilakunya. Selain itu, komunikasi dapat dijadikan sarana ekspresi secara individu atau kelompok untuk menyampaikan perasaan. Dengan berlandaskan al-Quran dan Hadith diharapkan komunikasi bisa memberikan perhatian khusus tentang efektivitas penyampaian nilai-nilai ajaran kepada umat manusia. Kemudian proses komunikasi, terutama ketika menyampaikan pesan Tuhan kepada manusia yang ada di dunia ini. Komunikasi dalam hal ini bisa menggunakan prinsip-prinsip pengganti yang lebih baik dari prinsip Barat, karena beberapa problem terjadi diakibatkan komunikasi yang salah disebabkan hanya focus terhadap realisme, nominalis, dan  kontruksionis. Maka dari itu dengan adanya perlunya telah kritis atas konsep-konsep dalam Ilmu Komunikasi Barat.

References

Daftar Pustaka
Abdullah Khozin AF. “Konsep Kekuasaan Michel Foucault.” Jurnal Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam Vol.2, No. (2012): 137.
Abu al-Fida Ismail bin Katsir. Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim. Al-Madinah al-Munawwarah: Maktabah al-Ulum wa al-Hikam, 1993.
Ahmad Zumaro. “Nilai Dakwah Dalam Al-Qur’an.” Ath-Thariq: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Vol. 05, N (n.d.): 45–58.
Al-Quran, n.d.
Dani Vardiansyah. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Indeks, 2008.
Daryanto. Ilmu Komunikasi. Edited by PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung, 2011.
Deddy Mulyana. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Elfi Yanti Ritonga. “Teori Agenda Setting Dalam Ilmu Komunikasi.” Jurnal Simbolika Vol.4, No. (2018): 39.
Elvinaro Ardianto, Bambang Q-Anees. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2011.
Fajar Aji. “Stilistik Realisme Gendre Horor Sinema Indonesia Pasca Reformasi: Studi Kasus Film Keramat 2009.” Jurnal Capture: Jurnal Seni Media Rekam Vol.10, No (2018): 110–11.
Fikri Nurul Fauzi, Eka Octalia Indah. “Kontribusi Ilmu Komunikasi Pada Ilmu Dakwah p. 73.” Jurnal Ath-Thariq 05. N (n.d.): 73.
Hamid Mowlana. Global Communication in Transition the End of Diversity? London: Sage Publications, 1996.
Haris Sumadiria. Sosiologi Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2014.
Harjani Hefni. Komunikasi Islam. Jakarta: Prenamedia Group, 2015.
Herlinda Fitria. “Hiperrealitas Dalam Social Media (Studi Kasus: Makan Cnatik Di Senopati Pada Masyarakat Perkotaan).” Jurnal Informasi Vol.45, No, no. Kajian Ilmu Komunikasi (2015): 87.
Ibnu Mandzur. Lisan Al-‘Arab Juz 7. Beirut: Dar Shadir, n.d.
Islamisasi al-Faruqi. The International Institute of Islamic Thouht, Islamization of Knowledge: General Principles and Work Plan. Herndon: The International Institute of Islamic Thouht (IIIT), 1989.
Ismail Raji’ al-Faruqi. Islamization of Knowledge: General Principles and Workplan, Diterjemahkan Oleh Anas Mahyuddin. Bandung: Pustaka, 2003.
Iswandi Syahputra. Ilmu Komunikasi: Tradisi, Perspektif Dan Teori. Yogyakarta: Calpulis, 2016.
Mohd Yusof Hussain. Islamization of Communication, Di Dalam Buku Islamization of Human Sciences. Kuala Lumpur: IIUM press, 2000.
———. Islamization of Human Sciences. Kuala Lumpur: IIUM press, 2000.
Muhammad Takari. Memahami Ilmu Komunikasi. Tanjungbalai, Asahan, 2019.
Onong Uchjana Effendy. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Sayyid al-Alusi al-Baghdadi. Ruh Al-Ma’ani Fi Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim Wa Al-Sabu’ Al-Matsani Cet. 1. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, n.d.
Sitti Aminah, Sumardjo, Djuara Lubis, Djoko Susanto. “Perubahan Model Komunikasi Dan Pergeseran Paradigma Pembangunan Dalam Perspektif Sejarah.” Jurnal Paramita Vol.24, No (2014): 95.
Stephen W. Littlejohn, Karen A. Foss. Teori Komunikasi. Jakarta Selatan: Salemba Humaika, 2009.
Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Konsep Pendidikan Dalam Islam Terjemahan Haidar Baqir. Bandung: Mizan, n.d.
The New International Webster’s Comprehensive Dictionary of the English Langguage, Deluxe Encyclopedic Edition. Florida: Trident Press International, 1996.
Published
2021-12-21
How to Cite
KUSUMA, Amir Reza. PROBLEM KONSEP KOMUNIKASI BARAT (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi). Ath-Thariq: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 162-179, dec. 2021. ISSN 2614-8439. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/ath_thariq/article/view/3622>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3622.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.