Metode Sorogan Kitab untuk Pemahaman Nahwu ( Imrity) Pondok Pesantren Assunniyah Kencong Jember

  • Maria Ulfa Universitas Islam Jember

Abstract

The sorogan method is one of the traditional methods used by Islamic boarding schools to explore the study of Polar Turats or commonly referred to as the Yellow Book. This sorogan method is very effective, because in its application the students face one by one to the ustadz to deposit readings and understanding the material being studied. Immediately, the ustadz will provide corrections and directions if there are errors. Therefore, this method is considered effective in increasing the understanding of nahwu imrity. The yellow book is a book that is written in Arabic and has no character. Therefore, in reading it alone there is tremendous difficulty, especially in understanding it. So far, the study of the yellow book has been preserved by Islamic boarding schools, especially Islamic boarding schools that still use the Salaf education system. To be able to read the yellow book, the santri in the Islamic boarding school are taught the science of Nahwu and Shorof. Both of these sciences are tools that serve to help us in reading and understanding the yellow book. So the main requirement for us to be able to read the yellow book is to first learn the science of Nahwu and Shorof, because these two sciences are the main keys of Arabic which is none other than the language used by the yellow book.


 


Metode sorogan merupakan salah satu metode tradisional yang digunakan pondok pesantren untuk mendalami kajian kutubut turats atau yang biasa disebut dengan kitab kuning. Metode sorogan ini terbilang sangat efektif, karena dalam penerapannya para santri menghadap satu persatu kepada ustadz untuk menyetorkan bacaan dan pemahaman materi yang sedang dikaji. Seketika itu ustadz akan memberikan pembenahan dan pengarahan apabila terdapat kesalahan. Oleh sebab itulah metode ini dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman nahwu imrity. Kitab kuning merupakan buku yang bertuliskan bahasa arab dan tidak berharokat. Oleh sebab itu dalam membacanya saja terdapat kesulitan yang luar biasa, terlebih lagi dalam memahaminya. Selama ini kajian kitab kuning dilestarikan oleh pondok pesantren, terutama pondok pesantren yang masih menggunakan sistem pendidikan salaf. Untuk bisa membaca kitab kuning para santri didalam pondok pesantren diajari ilmu Nahwu dan Shorof. Kedua ilmu tersebut merupakan ilmu alat yang berfungsi untuk membantu kita dalam membaca dan memahami kitab kuning. Jadi syarat utama agar kita bisa membaca kitab kuning adalah dengan mempelajari terlebih dahulu ilmu Nahwu dan Shorof, karena kedua ilmu tersebut merupakan kunci utama bahasa Arab yang tidak lain merupakan bahasa yang digunakan oleh kitab kuning.

References

Al-Qur’anul Karim, Semarang: Toha Putera
A. Zuhdi. 2012. Madrasah Sebagai Tipologi Lembaga Pendidikan Islam, Madrasah, Vol 5.
Afif, Moh. 2019. Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Baca Kitab Di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in, Kabilah: Journal of Social Community, Vol 4.
Agus Suryanto, Totok. 2021. Memahami Bimbingan Dan Konseling Belajar : Teori dan Aplikasi Dasar-Dasar Bimbingan Serta Konseling Belajar, Indramayu : Penerbit Adab.
Aidah, Siti Nur. 2020. Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran, Jogjakarta : KBM INDONESIA.
Al-Bayjuri, Ibrahim. Fathi Rabbil Bariyyah ‘alad Durratil Bahimati Nadzmil Ajurumiyyah, Semarang : Toha Putra.
Alfi Syahr. Zulfia Hanum. 2016. Membentuk Madrasah Diniyyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat, Jurnal Program Studi PGMI, vol 3.
Bihi bushoiri, Muhammad Ahsan, Taqrirot Mandzumah Qowaidul I’lal. Kediri : Ceria Al Falah.
Fatmawati, Agustina. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X, EduSains, Vol 4.
Firdaus & Fakhry Zamzam. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Fitrah, Muh dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, Sukabumi: CV Jejak.
H. Haidar Putra Daulay. 2018. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.
Lufri, Ardi, Relsas Yogica, Muttaiin, Arief & Rahmadhani fitri. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode, Pembelajaran, Purwokerto : CV IRDH.
Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Kependidikan, Vol 1.
Mahmud. 2019.Sistem Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Analisis Terhadap Metode Dalam Kegiatan Pembelajaran Formal Dan Non Formal, Jurnal Pendidikan Mandala, Vol 4.
Mintarsih Danumirhaja. 2014. Profesi Tenaga Kependidikan, Yogyakarta: Deepublish.
Mu’ammar, M. Arfan. 2019. Nalar Kritis Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD.
Muslihat. 2020. Kepala Madrasah Pada PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah), Yogyakarta : Deepublish.
Nizah, Nuriyatun, 2016. Dinamika Madrasah Diniyyah, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol.11.
Noor bin Saper, Salwa Mahelle, dkk, Proceedings International Conference on Guidance and Counseling, Pontianak: Elmans’ Institute, 2017, 304.
Parnawi, Afi . 2019. Psikologi Belajar, Yogyakarta : Deepublish.
Rosi, Fandi, Sarwo Edi. 2016. Teori Wawancara Psikodiagnostis. Yogyakarta: Leuteka Prio.
Salahudin, Marwan. 2012.Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah, Cendekia, Vol.10.
Sanjaya, Wina & Budimanjaya, Andi. 2017. Paradigma Baru Mengajar, Jakarta : Kencana.
Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Prenada Media
Shonhaji, Syekh. Syarah Mukhtashar Jidan ‘ala Matnil Jurumiyyah. Semarang : Toha Putra.
Siyoto, Sandu & Sodik, M.Ali. 2015, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sri Lestari, Ambar. 2020. Narasi Dan Literasi Media Dalam Pemahaman Gerakan Radikalisme, Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta : Kencana.
Titik Lestari, Endang. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa SekolahDasar, Yogyakarta : Deepublish.
Umrati & Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan, Makasar :Sekolah Tinggi Theologia Jaffaray.
Uniarsi, Meci. 2014.Penerapan Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV, Artikel Penelitian.
Wakit, Ahmat. 2016.Efektivitas Metode Sorogan Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), vol 2.
Yahya, Syarafuddin al-‘Imrity, Nadzmul ‘Imrity ‘ala Matnil Ajurumiyyati, Surabaya : Sa’dubnu Nasir.
Zulifan, Muhammad. 2018. Bahasa Arab Untuk Semua, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Published
2022-07-28
How to Cite
ULFA, Maria. Metode Sorogan Kitab untuk Pemahaman Nahwu ( Imrity) Pondok Pesantren Assunniyah Kencong Jember. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 125-142, july 2022. ISSN 2622-6820. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/al-fathin/article/view/5202>. Date accessed: 09 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/al-fathin.v5i01.5202.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.