ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA INTERNASIONAL DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

  • Resti wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa internasional di Universitas Ahmas Dahlan Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada tahun 2016. Populasi adalah mahasiswa internasional di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sebanyak 129 responden dengan metode sampling jenuh. Peneliatian ini termasuk jenis penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, studi pustaka, dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan Uji validitas dan uji realibilitas, uji T, uji F, analisis regresi berganda dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS.


Hasil analisis data dapat dijelaskan bahwa variable yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa internasional adalah variabel  keandalan (reliability) dengan nilai signifikasi (P value) sebesar 0,523>0,05, variable ketanggapan (responsiveness) dengan nilai signifikasi (P value) sebesar 0,376>0,05, variable jaminan (assurance) dengan nilai signifikasi (P value) sebesar 0,110>0,05. Sedangkan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa internasional adalah variable ketulusan (empathy) dengan nilai signifikasi (P value) sebesar 0,019<0,05 dan variabel keberwujudan (tangible) dengan nilai signifikasi (P value) sebesar 0,000<0,05. Secara simultan keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), ketulusan (empathy), jaminan (assurance) dan keberwujudan  (tangible) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa internasional dengan F hitung 22,284 dengan angka signifikan (P value) 0,000<0,05. Koefisien determinasi yang di hasilkan adalah sebesar 0,508 yang berarti 50,8% perubahan variabel kepuasan mahasiswa internasional dijelaskan oleh variabel keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), ketulusan (empathy), jaminan (assurance) dan keberwujudan  (tangible) secara bersama-sama, sedangkan sisanya sebesar 49,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Published
2020-07-13
How to Cite
WULANDARI, Resti. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA INTERNASIONAL DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Adzkiya : Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 35-50, july 2020. ISSN 2355-4215. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/adzkiya/article/view/2020>. Date accessed: 25 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32332/adzkiya.v8i1.2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.