ANALISIS PERPINDAHAN NASABAH BANK KONVENSIONAL MENJADI ANGGOTA BMT

(Studi Kasus pada Nasabah Pembiayaan di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati)

  • Tuti Nadhifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang nasabah pembiayaan yang berpindah dari nasabah bank Konvensional menjadi nasabah BMT yang ada di wilayah kecamatan Pucakwangi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat (nasabah) pembiayaan yang berpindah dari bank Konvensional menjadi nasabah BMT yang ada di kecamatan Pucakwangi Pati. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data dengan model triangulasi. Teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya faktor internal dan faktor ketidakpuasan konsumen (nasabah) yang menyebabkan terjadinya perpindahan dari bank Konvensional ke BMT. Dari kedua faktor tersebut faktor internal yang paling besar mempengaruhi perpindahan nasabah contohnya seperti faktor agama yang menurut agama Islam megharamkan adanya riba yang ada di bank konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-28
How to Cite
NADHIFAH, Tuti. ANALISIS PERPINDAHAN NASABAH BANK KONVENSIONAL MENJADI ANGGOTA BMT. Adzkiya : Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 175-192, may 2020. ISSN 2355-4215. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/adzkiya/article/view/2018>. Date accessed: 17 june 2024. doi: https://doi.org/10.32332/adzkiya.v7i2.2018.