Perkembangan Dakwah Melalui Media Sosial Instagram

Literature Review

Authors

  • Zida Zakiyatul Husna UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3539

Keywords:

Media Sosial, Perkembangan Dakwah, Dakwah Media Sosial

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan segala aspek kehidupan berkiblat padanya. Begitupula dengan kegiatan dakwah. Dakwah yang sebelumnya dilakukan dengan mengisi ceramah di mushola, khutbah jum’at, masjid, pondok pesantren, kini dakwah dapat dilakukan pada media sosial. bentuk dari media sosial sendiri juga bermacam-macam salah satunya yakni Instagram. Tulisan ini akan mengkaji berbagai penelitian yang telah dilakukan mengenai perkembangan dakwah dari waktu kewaktu dan perkembangannya melalui media sosial khususnya Instagram. penelitian ini menggunakan pendekatan literature review dengan menggunakan kata kunci “media sosial Instagramm”, “perkembangan dakwah” dan “dakwah dengan media sosial Instagram”. Hasil dari literature review mengenai perkembangan dakwah ini adalah penggunaan media sosial Instagram ini sebagai media dakwah masa kini dirasa efektif karena jangkauan media sosial yang lebih luas dan data diakses dimanapun dan kapanpun. Praktik dakwah melalui media sosial Instagram yakni da’i atau admin akun dakwah mengunggah pesan dakwah berupa foto atau video dalam instagram tersebut. agar komunikasi terjadi antara mad’u dan da’i dengan menggunakan fitur komentar dalam unggahan tersebut.

References

Abidin, Jaenal, and Ilham Fahmi. “Media Sosial Dalam Mempengaruhi Perilaku Keberagaman Siswa Dan Solusinya Melalui Pendidikan Agama Islam.” wahana karay ilmiah_pascasarjana (S2) PAI Unsika 3, no. 1 (2019): 1–8.
Asmaniar. “Instagram Sebagai Media Dakwah (Respon Followers Akun @Felixsiau Dan @Yusufmansurnew).” Skripsi (2019).
Dakwah, Jurnal. “Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Komunikasi Media Sosial.” Al hikmah 7 (2020): 50–60.
Farihah, Irzum. “Media Dakwah Pop.” AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 1, no. 2 (2013): 25–45. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/432.
Farmasi, Program Studi. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title” 4, no. 4 (2016): 57–79.
Ferlitasari, Reni, Suhandi, and Ellya Rosana. “PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA (Studi Pada Rohis Di SMA Perintis 1 Bandar Lampung).” Sosiologi Agama 01, no. 02 (2020): 1–18.
Habibi, Muhammad. “Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Pada Era Milenial.” Al-Hikmah 12, no. 1 (2018): 101–116.
Ilaihi, Wahyu dkk. Pengantar Sejarah Dakwah. Jakarta: PRENADA MEDIA, 2018.
Khotijah, Khotijah. “Konsep Dakwah Dan Harmonisme Dalam Peradaban Islam.” Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi 2, no. 2 (2019): 357.
Mudassir, Rayful. “Daftar Pengguna Instagram Terbanyak Di Dunia, Indonesia Di Urutan Berapa?” Last modified 2019. https://teknologi.bisnis.com/read/20190629/84/939306/daftar-pengguna-instagram-terbanyak-di-dunia-indonesia-di-urutan-berapa.
Omnicore. “Instagram by the Numbers: Stats, Demographics & Fun Facts.” Last modified 2021. https://www.omnicoreagency.com/instagram-statistics/.
Rakhmawati, Istina. “Perkembangan Media Sebagai Sarana.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4, no. 1 (2016): 49–70.
Ritonga, Muslim. “Komunikasi Dakwah Zaman Milenial Muslimin Ritonga.” Juranal Komunikasi Islam Vol.3, no. 1 (2019): 60–77.
Robbani, Azhfar Muhammad dan Vebrynda, Rhafidilla. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah (Strategi Nurul Azka Dalam Mengelola Akun @nunuzoo),” no. 2 (2019). http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31837.
S.Ag., ME, Hatmansyah,. “Strategi Dan Metode Dakwah Walisongo.” Al-Hiwar : Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah 3, no. 5 (2017).
Sidiq, Muhammad. “‘Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah Di Masa Pandemi’” (2020).
Sirajuddin, Murniaty. “Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet (Peluang Dan Tantangan).” Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 1, no. 1 (2014): 11–23.
Tajuddin, Yuliyatun, Kata Kunci, : Walisongo, Strategi Dakwah, and Komunikasi Dakwah. “Walisongo Dalam Strategi Komunikasi Dakwah.” Agustus 2014 ADDIN 8, no. 2 (2014): 367–390.
Tim Stiletto Book. How To Win Instagram: Trik Menjadi Instagram Influencer, 2019.
Zahra, Ulfa Fauzia, Ahmad Sarbini, and Asep Shodiqin. “Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah.” Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 2 (2016): 60–88.
سینا, ابوعلی. “No Titleقانون در طب” (1386): 283.

Downloads

Published

2021-12-29

Issue

Section

Articles