Perubahan Bacaan Syair Dalam Kitab Maulid Āḍyā ʾulāmiʿ Di Masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Kajian Fonetik)

Authors

  • Muhammad Reko Reko UIN Sunan Kalijaga , UIN Sunan Kalijaga
  • Hisyam Zaini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Afifah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Mahmud Suja'i Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32332/g1d4th11

Keywords:

Pronunciation errors, articulatory phonetics, Āḍyā ʾulāmi

Abstract

This study aims to describe the mispronunciations of Hijaiyah letters in the recitation of the Maulid Āḍyā ʾUlāmiʿ verses among the community in Tanjung Jabung Barat Regency. The researcher employs articulatory phonetics theory to examine how the sounds in the verses are produced and to observe the phonetic shifts in Arabic pronunciation due to the influence of the local language in Tanjung Jabung Barat. This study will discuss the forms of pronunciation changes and the factors that influence them in the recitation of the Maulid Āḍyā ʾUlāmiʿ. In addition, the researcher uses a descriptive qualitative method. Data collection techniques include regular observation, in-depth interviews, and documentation. The results of the study reveal mispronunciations of the letters ʿAyn (ع), Ghain (غ), Ḥāʾ (ح), Thāʾ (ث), Qāf (ق), and Ṣād (ص). These changes include the letter ʿAin being replaced with hamzah, Ghain changing to g, Ḥāʾ becoming hāʾ, Ṯāʾ becoming sīn, Qāf changing to kāf or hamzah, and Ṣād becoming sīn. These pronunciation errors are caused by the influence of the Jambi Malay dialect applied when reading the Arabic-language verses of Āḍyā ʾUlāmi.

Author Biography

  • Muhammad Reko Reko, UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga

    Muhammad Reko, Mahasiswa Magister Prodi Bahasa Sastra Arab

    Dr. Hisyam Zaini, M.A. Dosen Program Studi, Bahasa dan Sastra Arab. Fakultas, Adab dan Ilmu Budaya. Jenis Pegawai | Status, Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar.

References

Daftar Pustaka

Abdullah, A. A. (2024). Keindahan bunyi Al-Qur’an dan keserasian makna QS. Az-Zalzalah (Kajian fonologi Al-Qur’an) [Disertasi, Institut Agama Islam Negeri Madura].

Abna, N. (2024). Fonologi: Karakteristik linguistik bahasa Arab. Deepublish.

Albantani, A. M. (2019). Pendekatan fonetik, kontrastif, dan komunikatif dalam pengajaran membaca Alquran. Arabic Literature for Academic Zealots, 7(2), 107–117.

Alfarobbi, B., & Siregar, Z. R. (2025). Makharijul huruf dan implikasinya terhadap pembelajaran Al-Qur’an dalam perspektif ilmu tajwid. Sinergi: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 51–56.

Harimurti, K. (2008). Fonetik. Jakarta: Pustaka Klasik Bahasa.

Wikipedia. (n.d.). Konsonan tak desis gesek tekak nirsuara. Diakses 20 Juni 2025, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Konsonan_tak_desis_gesek_tekak_nirsuara

Ihsan, R. F., & Siagian, I. (2023). Pengaruh fonologi pada kajian fonetik dalam bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 621–635.

Indah, R. N. (2017). Gangguan berbahasa: Kajian pengantar. Malang: UIN Press.

Isa, A. A. M., et al. (2021). Vowels reading of Arabic present tense in yaf’al form for lip and coronal articulation / Pembacaan vokal pola fi’il mudhori yaf’al bagi artikulasi bibir dan koronal. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 4(2).

Jannah, R. (2019). Produksi organ bicara bahasa Arab. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Khālīl, I. M. (2022). مقدمة في علم أصوات اللغة العربية: Introduction to Arabic phonetics. Dār al-Kẖalīj li’n-Nashr wa al-Tawzīʿ.

Marsyella. (2025). Fonetik artikulatoris: Pengantar, konsep, dan implikasinya dalam kajian linguistik. Ruangbuku.

Maryamah, S. (2019). Pelafalan konsonan frikatif palatal-alveolar [Ʃ] di awal suku kata oleh pemelajar bahasa Inggris Erna English Course: Kajian fonetik [Skripsi, Universitas Komputer Indonesia].

Maskuri, M., et al. (2023). Analisis kesalahan dalam menggunakan lahjah Arabiyah pada maharah kalam. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 159–170.

Meldiani, C. (2024). Produksi bunyi bahasa pada anak penderita abiopalatoschizis pascaoperasi: Kajian psikolinguistik [Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta].

Munir, M., & Hum, S. (2017). Analisis kesalahan bunyi al-kalimāt al-ṭayyibāt.

Muslich, M. (2024). Fonologi bahasa Indonesia: Tinjauan deskriptif sistem bunyi bahasa Indonesia. Bumi Aksara.

Nasaruddin. (2017). Interferensi fonetis bahasa Arab dalam bahasa Indonesia: Analisis ujaran bahasa Indonesia oleh penutur Arab. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 201–222.

Nasution, A. S. A. (2014). Memanfaatkan kajian fonetik untuk pengembangan pembelajaran ilmu tajwīd. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(2), 214–232.

Ngalimansyah, A. (2024). Peran kegiatan ekstrakurikuler hadroh dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada siswa MTs Ma’arif 1 Punggur [Disertasi, IAIN Metro].

Press, U. G. M. (2019). Fonetik. Yogyakarta: UGM Press.

Rahangiar, H., Minabari, K. H., & Alhadar, M. (2025). Implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada siswa di MI Rumah Qur’ani Imam Bukhari di Kota Ternate. Al Ghazali, 8(1), 84–101.

Ramli, N. A. (2021). Faktor kesukaran pelajar Melayu dalam mengenal pasti bunyi huruf-huruf Arab. e-Jurnal Bahasa dan Linguistik (e-JBL), 3(1), 31–42.

Rohmatin, F. (2018). Alih bahasa Kitāb Ḥayātu al-Ḥayawān [Tesis].

Romli, F. B. A., Rahman, A., & Mulyaningsih, D. (2024). Tasydid dalam tilawah Al-Qur’an dengan langgam Jawa M. Yaser Arafat. Tamadduna: Jurnal Peradaban, 1(1), 26–32.

Rumah Muslimin. (2017, Oktober 23). Teks bacaan Kitab Maulid Adhiya’ Ulami Arab dan terjemahan.

Thoyib, T., & Hamidah, H. (2018). Interferensi fonologis bahasa Arab: Analisis kontrastif fonem bahasa Arab terhadap fonem bahasa Indonesia pada mahasiswa Universitas Al Azhar bukan jurusan sastra Arab. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(2), 63–71.

Wulandari, N. (2020). Analisis kesalahan fonologis dalam keterampilan berbicara bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 3(1), 71–84.

Yuliati, R., & Unsiah, F. (2018). Fonologi. Malang: Universitas Brawijaya Press

Zainuddin, A. (2021). Tekstualitas dan kontekstualitas metodologi baca tulis Al-Qur’ān (BTQ): Studi teks, bahasa dan sejarah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 61–72..

Zuhriah, Z., Arifin, M. F., & Hamid, S. B. A. (2024). Pengaruh bahasa Bugis dalam pelafalan surah Al-Fatihah (Studi kasus imam masjid di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara). Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 4(3), 48–59.

Saputra, A. (2023, September 12). Lima Kitab Maulid Nabi Muhammad yang Populer di Indonesia (4‑Habis). Islam Digest | Republika. Retrieved from https://islamdigest.republika.co.id/berita/s0uqqt430/lima-kitab-maulid-nabi-muhammad-yang-populer-di-indonesia‑1

Marlina, L. (2019). Pengantar ilmu Ashwat. Bandung: Fajar Media. ISBN 978‑602‑1598‑16‑0.

Marlina, L., & Wardhana, T. M. Z. (2025). Analisis hubungan ilmu aswāt dengan keterampilan berbicara bahasa Arab. JUMLATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–10.

Abrar, M. (2021). Studi fonologi bahasa Arab segmental dan suprasegmental pada pembacaan Al‑Qur’an langgam Jawa [Disertasi, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Al Faris, S., Tsania, I. L., & Badrih, M. (2024). Perubahan bunyi bahasa pada proses peluluhan tata bahasa Indonesia : Kajian fonologi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 2071‑2079.

Downloads

Published

2025-12-27

Most read articles by the same author(s)