Implikatur Percakapan dalam Film Animasi Qishotu Hayati AL-Imam AL-Bukhori

Authors

  • Siti Ummi Habibah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-fathin.v5i02.4403

Keywords:

Conversational implicature, film, pragmatic

Abstract

Salah satu fenomena linguistik, yakni implikatur percakapan, tidak hanya dijumpai dalam percakapan sehari-hari, tetapi, fenomena ini juga banyak ditemukan dalam dalam dialog-dialog film. Salah satunya adalah Film Animasi Qishotu Hayati Al-Imam Al-Bukhori. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi makna tersirat dari dialog-dialog yang terdapat dalam film tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data-data dalam penelitian diperoleh dengan metode simak dan teknik catat. Data tersebut kemudian dianalisis berdasarkan teori yang digunakan yaitu teori implikatur percakapan dengan menggunakan tiga teknik analasis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa dialog yang dituturkan dalam film Qishotu Hayati Al-Imam Al-Bukhori menggunakan bentuk implikatur percakapan. Dialog-dialog tersebut mengisyarakan makna lain secara tersirat. Implikatur percakapan dalam film ini digunakan dalam konteks yang berbeda-beda, sehingga makna di dalamnya juga beragam meliputi pernyataan, perintah, permintaan dan penolakan. Implikatur percakapan dalam film ini juga berperan sebagai sarana untuk menyampaikan sesuatu, menganggapi suatu hal, memerintah dan menolak sesuatu dengan cara yang lebih halus dan sopan.

References

Fauzi, A. I., Al-Muhammady, F. H., & Maki, A. (2020). FENOMENA IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM FILM ANIMASI SALAHUDDIN AL AYYUBI PERSPEKTIF GRICE (KAJIAN PRAGMATIK). 4, 392–403.
Khitam, J. (2016). At-Tadawuliyyah Ushuluha wa Ittijahatuha. Dar Kanuz Al-Ma’rifah.
M. Djunaidi, G., & Almansur, F. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.
Mulyana. (2005). Kajian Wacana. Tiara Wacana.
Nahlah, M. A. (2002). Afaqun Jadidah fi Al-Bahts AL-Lughowi Al-Mu’ashir. Dar Al-Ma’rifah Al-Jami’iyyah.
Nurgiyantoro, B. (1995). Implikatur Percakapan (Sebuah Tinjauan Psikolinguistik). Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 17(1), 1–16.
Rani, A. (2004). Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Bayumedia Publishing.
Rusminto, N. E. (2015). Analisis Wacana: Kajian Teoritis dan Praktis. Graha Ilmu.
Suryanti. (2020). Pragmatik. Penerbit Lakeisya.
Yule, G. (2008). Pragmatics. Oxford University Press.
Yulianti, Y., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Implikatur Percakapan dalam Tuturan Film Laskar Pelangi. MATAPENA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 1–14.
Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Sukabina Press.

Downloads

Published

2022-12-02

Issue

Section

Articles